Resep: Tumis Cumi Cabe Merah

Di tengah kebingungan nggak nemu ikan kembung segar pas belanja di pasar kemaren, aku memutuskan beli sotong and nyoba resep yang udah bikin aku ngiler lama. Aslinya sih judulnya Tumis Cumi Cabe Hijau yang aku temukan di blog supjagungmanis ini. Tapi karena keterbatasan bahan masakan yang ada di dapurku, ku gantilah judul dan resepnya jadi seperti di bawah ini. :D

Tumis Cumi Cabe Merah


Bahan:

  • 500 gram cumi segar, buang tinta dan kulitnya, potong melebar, kerat-kerat daging bagian dalam
  • 4-5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 ruas lengkuas, keprek
  • 1 lembar daun salam, potong 2
  • 4 cabe merah, iris tipis
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm makan air jeruk nipis
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt kecap manis
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt garam halus
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara:

  1. Kucuri cumi dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15-30 menit, cuci bersih dan sisihkan
  2. Panaskan miyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan daun salam, lengkuas dan cabe merah. Aduk-aduk.
  3. Beri kecap asin dan kecap manis. Aduk-aduk.
  4. Besarkan api, masukkan cumi. Tambahkan gula pasir dan garam halus.
  5. Masukkan tomat.
  6. Aduk-aduk sampai  cumi  mengkerut/menggelembung dan keluar airnya.
  7. Angkat dan sajikan

Untungnya ya bok.. Kata suami eike, enddaaaaaang deh rasanya. Soale pas masak eike nggak cicip-cicip lagi. Hal yang berbahaya tuh, masak nggak pake cicip-cicip.. Hihihihihihi.. XD

About these ads

4 thoughts on “Resep: Tumis Cumi Cabe Merah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s