Resep: Chocolate Chip Muffin

Sabtu sore, adek lelaki-ku tau2 telp dengan suara memelas bilang stress di rumah sendirian dan mau nginep di Cikarang. Eike bengong deh. Ni adek biasanya cuek bebek, jarang telp, trus sekalinya telp sukanya tengah malem pas orang dah mau tidur (itupun cuman kalo pas dia butuh curhat doang). Ya sudah, ngineplah dia di Cikarang.

Demi adek lelaki-ku yang suka banget ngemil dan  sering laper mata, daku yang sedang kere ini *kebanyakan belanja cemilan nih sebelomnya :p* bikinin Chocolate Chip Muffin buat dia. Lebih hemat dan sekalian praktek gt. Dan ternyata, enyaaaaaaaaaaaakkkkk~ :D Adekku bilang enyak enyak. Suami eike yang nggak doyan muffin bilang enak juga *terharu*. Ni bikinnya dibantuin keponakanku yang masih balita, Mutia, yang lagi disuapin Ibunya makan siang di rumahku *mayan, Mutia jadi lahap makan siangnya sambil bantuin aku ngaduk-ngaduk adonan*. Hihihihi.

Oh ya, resep ini muffin yang ini beda sama resep muffin yang sebelumnya. Menurutku dan suami sih lebih enak yang ini. Resepnya juga bisa dipake untuk chesse muffin ato strawberry jam muffin ato apapun, tinggal ganti aja isinya mau apa. Aku yakin bakal tetep enak kok *pede*. Resepnya aku ambil dari allrecipe.com. Setelah ditambah-tambahin sesuai dengan seleraku tentunya ;p

Chocolate Chip Muffin


Bahan:

  • 2 cup tepung terigu
  • 1/2 cup gula pasir
  • 3 sdt baking powder
  • 1 cup milk
  • 1/3 cup mentega cair
  • 1 telur ayam yang besar
  • 3/4 cup mini semi sweet chocolate chip
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanilla extract

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dalam suhu 205°C.
  2. Dalam wadah yang besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, garam dan vanilla extract. Aduk rata.
  3. Dalam wadah lainnya, kocok lepas telur ayam. Tambahkan mentega cair dan susu.
  4. Campurkan adonan tepung dan adonan susu. Aduk rata (pake whisk aja ngaduknya, nggak usah pake mixer). Setelah rata, tambahkan chocolate chip.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan muffin, 3/4 cetakan ya, jangan full.
  6. Masukkkan ke dalam oven dan panggang selama 20-25 menit. Untuk ngecek udah mateng atau belum, tancepin tusuk gigi. Kalo nggak ada bagian dari muffin yang nancep di tusuk gigi, berarti udah mateng.
  7. Keluarkan dari oven, biarkan selama 5 menit di atas wire bake biar agak dingin. Setelah itu baru keluarkan dari cetakan dan siap untuk dihidangkan.

Sekedar tips, kalo mau manggang, ovennya yang udah dalam keadaan panas. Jangan masukin adonan ke dalam oven yang dingin. Lalu semua bahan harus dalam suhu ruang, jangan panas dan jangan dingin.

Oh ya, aku bikinnya kan pake 1/3 cup mentega cair (sesuai resep asli) trus jadinya agak oily gt setelah beberapa jam. Mungkin harusnya  pake 1/4 cup aja kali yah dan makenya unsalted butter. Dan biar lucu sih, chocolate chipnya jangan dipake semua, sisaiin dikit untuk toping.

Selamat mencoba ;)

About these ads

24 thoughts on “Resep: Chocolate Chip Muffin

  1. Langsung pengen nyoba! Gue sebenernya musuhan sama dapur, dan kalo masak air aja gosong. Tapi kalo baking-bakingan kadang ngiler juga. Kalo ada something goes wrong (amit-amit), gue e-mail / message elo yak Tiar hihihi. Sama pengen nyoba bikin yg bola2 daging juga ahh…

    • oh saya nulisnya vanilla extract ya? aslinya mah saya pake vanili. mirip2 lah… kekekke..

      tapi di resep aslinya emang pake vanilla extract. kalo mau nyari mungkin di toko semacem Fresh Market gitu kali ya, pokoknya yang banyak barang importnya lah.. dan harganya sepertinya sangat mahal… waktu pernah nyari di toko baking titan dan lottemart, nggak ada juga. mungkin sekarang ada ;)

    • waduh mbak, malah saya yanag bingung kl pake gram2an. karena di rumah nggak ada timbangan kue, jadi saya pake cup.

      coba di convert aja mbak. banyak website yang bisa convert dari cup ke gram and vice versa. cooking converter.

      semoga bisa membantu ^^

        • Bentuknya seperti sendok tp besar. Biasanya dijual serentengan. 1 renteng itu kl nggak salah biasanya 4 ukuran. 1 cup, 1/2, 1/4 sama… Mmm… Saya lupa ukurannya 1 lg. Udah byak dijual di supermarket besar.

  2. Ud coba, gampang banget buat na… Muffin na juga enak banget… Lembut… Tp butter na aj aq ganti pake roomboiter cm 2 sendok makan di cairin, berhubung ga ad butter di rumah :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s