Resep: Nasi Goreng Kemangi

Di pagi yang lumayan cerah ini, chaos as usual, diriku nggak semfat bikin makan pagi yang layak. Setelah Uda berangkat ke kantor, baru deh eike sempet masak buat diriku sendiri. Hehehehe. Sorry da… :D

Beberapa hari yang lalu aku iseng buka-buka buku resep koleksi yang ada di rumah. Nemu resep yang kayaknya lumayan ok. Judulnya Nasi Goreng Kemangi. Dan pas di coba, ternyata enak loh… Sumfeh dweh! Pasti bakal bikin lagi. Akhirnya ada juga masakan nasi goreng bikinanku yang enak.. Ah terharu banget aku… :’) Dan ni aslinya juga nggak niat mau dimasukin ke blog resepnya. Dan karena dah kadung luapper, ya udah deh, nggak pake dihias-hias piringnya pas moto.

Resepnya aku contek dari buku resep Primarasa Dapur Modern: Lezat Dalam 20 Menit. Dan takarannya yang aku tulisin udah aku sesuain sama yang aku pake tadi. Jadi saudara/i yang mau coba resep ini, bebas yah ngutak ngutik takarannya kalo-kalo yang aku tulisin nggak sesuai dengan saudara/i. Trus aslinya ni nasi goreng disajiinnya pake Sambel Kecap Ikan. Cuman karena aku takut mules-mules kepedesan, jadi aku nggak bikin deh sambel kecap ikannya. Resepnya sih tetep aku tulisin. Tapi pake takaran asli dari buku resep yah..

Nasi Goreng Kemangi

Bahan:

  • 1 sdm olive oil
  • 1 siung bawang putih
  • ½ sdt garam *aku disuruh dokter ngurangin garam T_T*
  • 30 gram fillet dada ayam → selain ayam bisa diganti ama ikan tongkol/cakalang ato yang lainnya
  • ¾ sdm kecap ikan
  • ¾ sdm kecap manis
  • 1 buah cabe rawit diiris tipis
  • sepiring nasi dingin
  • segenggam daun kemangi diiris kasar

Sambal Kecap Ikan: Aduk jadi satu

  • 2 sdm kecap ikan
  • 4 buah cabe rawit, iris tipis
  • 2 buah cabe merah, cincang
  • 2 sdm air jeruk nipis

Cara Memasak:

  1. Panaskan olive oil dalam wajan, tumis bawang putih sampe harum. Masukkan fillet ayam yang udah dipotong-potong.
  2. Aduk-aduk sampe ayam berubah warna. Tambahkan garam, kecap ikan, kecap manis dan cabe rawit. Aduk terus.
  3. Masukkan nasi, aduk sampe nasi dan bumbu tercampur rata. Kalo udah masukkan kemangi. Aduk sampe kemangi berubah warna, angkat dan sajikan.

Gampang kan masaknya? Hehehe. Ya iyalah ya.. Nasi goreng doang. Pasti kalian yang membaca lebih jago bikin dari pada aku.. Okay deh. Selamat mencoba~

Leave a Reply

