Resep: Sambal Goreng Tempe

Saat dah mentok mikir mau masak apalagi buat besok, adalah saat yang tepat buat buka-buka buku resep. Dan berhubung diriku pecinta oseng-oseng tempe, di buku resep Primarasa Praktis, Sekejap & Nikmat: Menu Keluarga Kecil diriku nemu resep Sambel Goreng Tempe. Mirip-miriplah kayanya ma oseng-oseng tempe yang aku pengenin.. Jadi ya udah deh, hajar bleh.. Takarannya udah di modif abis yah. Disesuaikan sama jumlah tempe yang aku pake.

Sambal Goreng Tempe

Bahan:

  • 200 gram tempe
  • 100 ml air
  • ½ sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serei bagian putih, geprek
  • 3 buah cabe keriting merah, iris tipis → bisa pake cabe merah dan hijau yang besar
  • 10 mata petai, belah-belah → nggak pake
  • 150 ml homemade kaldu → pake resep kaldu andalan :D
  • ½-1 sdm kecap manis
  • ¼ sdt gula pasir
  • Segenggam daun melinjo muda

Bumbu Halus:

  • 3 bawang putih
  • 5 bawang merah
  • ½ sdt terasi
  • Sejumput garam
  • ½ cm lengkuas
  • ½ buah tomat

Cara Memasak:

  1. Potong-potong tempe menjadi bentuk dadu kecil. Rendam dalam air garam selama 10-15 menit.
  2. Tiriskan air rendaman tempe, goreng setengah matang. Tiriskan minyak dan sisihkan tempenya.
  3. Tumis bumbu halus, daun salam dan serai sampai wangi. Tambahkan petai, cabe merah dan cabe hijau. Aduk rata.
  4. Masukkan tempe goreng, air kaldu, kecap manis, daun melinjo dan gula pasir. Aduk rata sampai kaldu mengering.
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Rasanya? Enak. Tapi bukan oseng-oseng tempe yang aku mau.. Tapi ya enak sih.. Kemaren aku lupa beli petei. Kalo pake petai pasti lebih nampol deh rasanya.

Selamat mencoba~

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s