Museum Affandi

_affandi

Seperti yang temen2 ketahui, Indonesia pernah mempunya pelukis yang sangat terkenal, yaitu Bpk Affandi Koesoema.

Affandi Koesoema (Cirebon, Jawa Barat, 1907 – 23 Mei 1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Pelukis yang produktif, Affandi telah melukis lebih dari dua ribu lukisan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Affandi)

affandi Siang ini, gw, sepupu gw Nina and adik gw Dian, jalan2 ke museum Affandi. Awalnya nggak kepikiran aja, kayak apa sih lukisan Affandi. Kita2 sama sekali nggak mengerti tentang seni. Tapi, di mata kita yang buta seni ini, harus diakui ada beberapa lukisan affandi yang bagus. Salah satunya ada di samping ini. Berhubung tadi nggak bisa motonya (ditaro di lt 2 sih) jadi aku nyulik foto ini di sini. Ini Self Portrait of Affandi yang akhirnya dibikin sebagai perangko Pos Indonesia.

Di museum Affandi, ternyata nggak cuma ada lukisan2nya Affandi aja. Dan lukisan2 tersebut bagus2. Lebih mudah dimengerti karena tidak menggunakan gaya yang sama dengan Affandi. Tadi ada 1 lukisan yang bener2 menakjubkan. Lukisan dengan judul Barongsai. Lukisannya pake cat minyak di kanvas yang gede banget. Lukisan itu bikin kami bertiga bergidik. Begitu hidup tapi juga menyeramkan. Baru kali ini gw ngeliat lukisan yang bener2 hidup seperti itu. Bahkan untuk memfoto lukisan tersebut ato sekedar melihatnya dari dekat aja kamu nggak berani. And you know what, to have the painting, you have to pay Rp 300,000,000.00. Mahalnyeeeeeee….

Bangunan dari museum Affandi ini unik banget deh. Bener2 nyeni. Ada towernya gt, 3 lantai. Nyeremin banget dah naiknya. Ada juga rumah dia yang sederhana terbuat dari kayu. Gw sempet heran sih, pelukis kenamaan gt kok rumahnya sederhana banget. Tapi yaah, mungkin pada jamannya, rumah Affandi termasuk rumah yang mewah banget gt kali yah. Gambar di samping nyulik dari mbah google, pintu masuk Museum Affandi.

Buat yang sedang di jogja and pengen jalan2, bisa mengunjungi museum ini. Dengan berbekal @ Rp 20,000.00 kita bisa masuk ke museum tersebut, foto2 sepuas hati dan juga minum softdrink setelah cape jalan2.

Enjoy ur holiday in Jogja… ^^

3 thoughts on “Museum Affandi

  1. Wah jadi pengen ke sana, secara aku dulu suka banget sama lukisan2 meskipun ga ngerti banget sama lukisan, hehehe …Gimana liburannya, Mbak?

  2. Yup…Affandi is great artist. Namun, dia tetap orang yg sangat sederhana, bahkan dia berusaha agar karyanya bisa dinikmati semua kalangan. Oleh karena itu, dibuatlah reproduksi karya Affandi. Eits, ini bukan bajakan. Ini bersertifikat. Kunjungi aja gallerynya.

    • hooooo.. di reproduksi segala yah? aku nggak ngerti sih lukisannya affandi😀 tapi yang self portrait itu memang bagus.

      terima kasih sudah berkunjung di blog saya. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s