Perihal Sakit Kepala

Akhir-akhir ini aku sering sekali terkena sakit kepala. Puncaknya adalah tadi sore. Sahabatku Bodrex pun tak mempan menghilangkan cenut-cenut di kepalaku ini. Yang ada malah aku jadi pengen muntah saking pusingnya. Akhirnya aku mulai mencari-cari informasi mengenai sakit kepala dan pengobatannya di internet.

Ada beberapa macam sakit kepala, beberapa di antaranya adalah:

  1. Sakit kepala karena tegang. Gejalanya diawali dengan ketegangan di otot leher, bahu, dan tengkorak akibat tekanan emosional. Sakitnya selalu berawal dari kepala belakang, merambat ke depan, lalu ke kedua sisi kepala.
  2. Sakit kepala migren. Umumnya sakit kepala yang dirasakan lebih berat ketimbang sakit kepala akibat ketegangan. Migren selalu dirasakan pada satu sisi kepala saja dan sering juga di belakang salah satu mata. Dari sini muncullah istilah “sakit kepala sebelah”. Konon penderita migren pada wanita kira-kira tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Sebab utamanya karena perubahan hormonal.
  3. Sakit kepala dengan beragam gejala. Gangguan ini terutama menyerang kaum pria. Gejalanya berupa nyeri luar biasa dan umumnya terfokus di sekitar rongga mata dengan mata berair dan hidung meler.
  4. Sakit kepala pasca-trauma. Ini sering muncul sebagai dampak dari suatu kecelakaan, meski hanya terjadi sedikit cedera di kepala. Rasa sakitnya kadang-kadang muncul setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah cedera dan dapat berlangsung sampai setahun setelah trauma.
  5. Sakit kepala alergi. Gangguan ini sering ditemani dengan gejala hidung meler, mata berair, dan kerongkongan sakit. Kemunculannya dapat ditimbulkan oleh makanan tertentu atau segala sesuatu yang bisa menimbulkan alergi.
  6. Sakit kepala sinus. Gangguan ini mudah diketahui dari gejalanya. Lubang hidung tertutup satu atau keduanya dan nyeri meluas ke atas pipi dan dahi. Bagian-bagian tersebut terasa sangat peka bahkan disentuh saja akan terasa nyeri.
  7. Di samping sakit kepala yang penyebabnya spesifik itu, ada pula sakit kepala yang timbul semata-mata sebagai gejala sekunder dari kondisi tubuh yang tidak beres dan memerlukan penanganan medis.

Petunjuk yang bisa dijadikan acuan mengenai sakit kepala:

  1. Jika sakit kepala dirasakan lebih parah di pagi hari ketimbang siang hari, pertanda adanya tekanan darah tinggi.
  2. Bila sakit kepala dibarengi oleh rasa nyeri di mata, telinga atau gigi, menunjukkan terjadinya infeksi.
  3. Seandainya sakit kepala selalu terjadi setelah melakukan tugas yang mengandalkan indera penglihatan seperti membaca atau menjahit, pertanda ada ketidakberesan pada mata.
  4. Tumor, stroke, atau mungkin sulit tidur dapat menjadi penyebab sakit kepala mendadak yang amat nyeri. Akibatnya, tubuh terasa lemah dan dibarengi dengan penglihatan yang kabur. Sakit kepala ini berawal sebagai nyeri kecil dan semakin parah di pagi hari. Diperlukan pemeriksaan sesegera mungkin untuk mengetahui penyebabnya.
  5. Jika sakit kepala dibarengi dengan demam dan leher pegal, kemungkinan Anda terserang meningitis. Penanganan medis sangat diperlukan.
  6. Bila sakit kepala muncul tiba-tiba dan sangat nyeri, pertanda adanya pembuluh darah arteri di otak yang pecah. Hal ini dapat mengancam jiwa. Penanganan medis harus segera dilakukan. *serem bener*

Sedangkan untuk pengobatannya, bisa ditempuh beberapa cara:

  1. Minum aspirin, Bodrex, Panadol ato obat pusing lainnya. Tapi jangan terlalu sering, obat-obat tersebut ada efek sampingnya loh.
  2. Minum kopi. Perlu diketahui kopi itu seperti pedang bermata dua. Bisa mengobati sakit kepala ato menyebabkan sakit kepala. Untungnya kamu bisa bermain tebak-tebakan kalo minum kopi pas sakit kepala. Ni ntar pusingnya ilang ato tambah parah ya…?
  3. Memijat kepala, leher, bahu dan sekitarnya.
  4. Memijat ruas antara jari tangan jempol dan telunjuk. Yang ini terbukti manjur karena dapat menghilangkan sakit kepala yang saya derita sesorean ini.
  5. Minum air putih hangat untuk meredakan sakit kepala.
  6. Minum baygon. Hehehhe.. Aku jamin kamu tidak akan pernah sakit lagi selamanya. *jangan dipraktekin looohhh!*

Sedangkan untuk pencegahannya:

  1. Jangan stress. Jangan stress karena kerjaan yang nggak kelar-kelar, utang yang menumpuk, diselingkuhin pacar, dsb. Stress karena semua hal tersebut bisa bikin kepala jadi nyut-nyutan.
  2. Olah raga teratur.
  3. Minum air putih yang banyak, terutama jika cuaca sedang panas-panasnya. Kekurangan minum di cuaca seperti itu, bisa menyebabkan kamu demam juga.
  4. Tidur yang cukup.
  5. Pakai kaca mata hitam kalau merasa terlalu silau. Terlalu silau bisa bisa bikin pusing juga loh. Aku sering sekali mengalami hal ini terutama kalau lagi nyetir di siang bolong.
  6. Cek selalu mata dan gigi kamu.

Semoga informasi ini bisa berguna🙂

Sebagian informasi di atas bersumber dari www.dechacare.com.

8 thoughts on “Perihal Sakit Kepala

    • karena tegang otot leher n bahu neng. pas masa-masa lebaran sempet gini juga. n bener-bener sembuhnya waktu itu setelah di fisioterapi mldv (nggak tau nih neng kependekan dari apa) di jogja. dan sekarang tegang lagi nih.. T_T

  1. Koq jadi ketularan pusing abis baca mblog mu jeng? Haish…dipindah via tulisan yak?
    Btw, kalo sakit nya dikepala belakang itu kenapa bu dokter? 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s