Manajemen Waktu

Pernah nggak sih ngerasa, so little time too much to do? Ato berharap seandainya 1 hari itu 30 jam? Kalo udah ngeluh-ngeluh ato ngayal-ngayal gt tandanya kamu perlu manajemen waktu. Hampir tiap hari deh kayaknya aku mengeluhkannya. Belom ini, belom itu tapi kok udah jam segini, jadi kapan begininya, kapan begitunya, dst… >.<

Akhirnya, setelah aku pikirkan baik-baik ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu diriku (dan aku harap kamu juga yang memiliki masalah yang sama).

  1. Bangun lebih pagi. Dengan bangun lebih pagi, kitabisa melakukan aktifitas lebih pagi jadi diharapkan semua yang direncanain bisa dilaksanakan semua.
  2. Bikin daftar. Bikin daftar apa aja yang harus dilakukan dan buat prioritas mana dulu yang harus dilakukan biar nggak ada yang terlupa. Bikin di agenda, ditulis di kertas trus ditempel dikulkas ato bagamanalah.. Daftarnya bisa dibikin perhari ato perminggu. Kalo perlu pasangin alarm juga.
  3. Disiplin. Lakukan segera hal yang harus dilakukan saat itu. Jangan ditunda-tunda dengan bermalas-malasan. Untuk malas-malasan ada waktunya sendiri. Kalo malas-malasan duluan, nggak keburu semuanya ntar.
  4. Konsentrasi dan lakukan dengan cepat. Ngerjainnya jangan sambil keasikan bengong. Soalnya kalo bengong kecepatan jadi menurun. Tapi jangan asalan-asalan juga ngerjainnya.
  5. Beli alat pendukung. Misal, kalo untuk urusan rumah, beli mesin cuci. Bisa hemat waktu banget tuh disambi-sambi ngerjain yang lain.
  6. Minta bantuan orang lain. Dalam hal urusan rumah, karena suami dan aku memutuskan untuk tidak menyewa helper a.k.a pembantu rumah tangga, jadinya aku suka minta tolong sama suami. Tolong angkatin ini, geserin itu, pakuin dinding yang situ, gantungin ini ato apalah. Hehehe.. Kadang juga suka minta tolong sama laundry untuk nyuciin baju-baju kami (walau harus bayar juga ujung-ujungnya :p).
  7. Istirahat dan bersenang-senang. Kalo udah jamnya harus istirahat ya istirahat, bersenang-senang ya bersenang-senanglah. Harus dilakukan dengan maksimal juga tuh. Supaya pikiran tetap fresh, mood tetap bagus and badan nggak kecapean.

Yah begitulah yang aku usahakan akhir-akhir ini. Cuman ya harus tau batasan diri juga sih.. Kalo terlalu memaksakan diri yang ada malah ntar jadi sakit trus malah nggak bisa ngapa-ngapain.

Semoga bisa membantu. ^^

7 thoughts on “Manajemen Waktu

  1. Ahahaha, aku cuma bingung satu sih. Biar bangun pagi, berarti tidur berkurang, jadinya ngantuk. Mau tidur lebih cepet juga susah. Gimana solusinya ya -_-

    • mau nggak mau memang harus tidur lebih cepat.

      kalo nggak bisa tidur jangan main game ato browsing. tiduran aja sambil baca2 doa, ntar juga ketiduran kok. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s