Tips Belanja Buku Online

Melanjuti postku sebelumnya mengenai buku, aku mau ngasih beberapa tips belanja buku online yang aman di situs yang khusus menjual buku yah (bukan di kask*s loh). Disimak ya😀

  1. Cek reputasi situs tersebut. Cari bagian testimonial. Baca baik-baik. Ada yang ngasih keluhan pelayanannya tidak memuaskan atau tidak. Mantapkan hatimu dengan membaca testimonial tersebut.
  2. Cek koleksinya. Up to date ato nggak. Kalo up to date, kemungkinan besar situs tersebut laku. Paling enak belanja di tempat yang laku dah..
  3. Perhatikan diskonnya. Berapa persen. Biasanya sih setiap situs belanja online akan ngasih jumlah presentase diskon yang sama untuk setiap penerbitnya. Contoh, biasanya terbitan Gramedia diskonnya cuman 15%. Yang beda, setelah di diskon berapa jadinya. Biasanya sih tiap situs beda-beda tipis lah. 3000-5000. Oh ya, biasanya buku pre-order diskonnya 30%. Manfaatkan!😀
  4. Kalo udah merasa yakin mau belanja di situs tersebut, baca dengan baik cara belanja di situs tersebut. Langkah-langkah apa yang harus dilakukan kalo mau belanja. Bagaimana memesan buku yang pre-order, cara pembayaran, cara konfirmasi pembayaran dan sebagainya.
  5. Teliti dengan baik cara pengiriman. Pakai jasa kurir atau titipan kilat. Ato malah bisa COD. Bagaimana penghitungan biayanya, perkilo ato flat dan berapa hari buku tersebut diproses baru dikirim.
  6. Sehubungan dengan cara pengiriman, jika biaya pengirimannya dihitung perkilo, perhatikan berat buku yang dipesan. Jika situs tersebut menggunakan jasa titipan kilat biasanya sih berat bukunya akan dicantumkan. Jadi kita bisa memperkirakan ongkos kirimnya.
  7. Apakah buku yang dibeli ada stoknya. Jika out of stok, tanyakan dulu ke contact person situs tersebut, bisa dipesan atau tidak. Jika bisa, makan waktu berapa lama?
  8. Apakah situs tersebut melayani permintaan untuk penggantian barang, jika barang yang sudah dibeli sampai dalam keadaan rusak, sobek, kacau balau, dsb. Jika iya, caranya bagaimana.
  9. Pastikan belanjanya dilakukan sebelum hari Rabu. Soalnya biasanya situs belanja buku online, perlu waktu kurang lebih 3 hari untuk mengkonfirmasi pembayaran, memproses (pesen ke penerbit, ngambil barang dari penerbit, dll deh) dan mengirim. Just in case situs belanja buku online yang tidak memproses pembelian di hari Sabtu dan Minggu alias libur.

Aku rasa itulah hal-hal yang harus diperhatikan kalo mau belanja buku online. But, kadang walau semua langkah di atas sudah dilaksanakan dengan baik, bisa aja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti penundaan order ke penerbit karena penerbitnya lagi stok opname (terjadi padaku saat ini), buku yang ternyata out of stok yang baru ketuan setelah konfirmasi pembayaran gara-gara situs yang tidak up to date (pernah terjadi padaku juga), salah kirim buku, dsb. Kalo udah gitu segera laporkan ke contact personnya.

Jadi, selamat berbelanja buku.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s