Resep: Udang Toco

Tadinya sih sebagai temen Ikan Bili Balado, eike mau masak Cumi Pangek Masin, masakan Padang lainnya. Tapi suami eike yang nggak ngefans ama cumi ngejerit, “Jangan cumiiiii!!! Ikan aja! Ikan!”. Cafe deh suami… Eike kan udah rindu banget makan cumi… Kayaknya dia trauma deh, pas kita masih pacaran sering banget ngeliat aku makan cumi goreng tepung. Hahahahha..😀

Anyway, karena aku istri yang canteeek dan baik, ya berangkatkah aku ke pasar buat beli ikan kembung buat dimasak jadi Ikan Kembung Pangek Masin. Dan Allah memang baik ya, tau aku lagi nggak pengen makan ikan kembung, nggak ada dong di pasar yang seger. Tapi pas liat-liat stok udang si tukang ikan lumayan seger. Ya udin, beli deh eike udang. Buat dimasak jadi Udang Toco. Resepnya aku contek dari buku resep Primarasa yang A la Resto Padang.

Udang Toco

Bahan:

  • 500 gram udang ukuran sedang
  • 3 sdm makan
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 6 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 6 lembar daun jeruk
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 200 gram tomat, belah-belah (kira-kira 2 buah tomat, dipotong masing-masing 4)
  • 3 buah cabe merah besar, iris serong (aku nggak pake, kan udah ada sambel yang di Ikan Bili Balado)
  • 3 buah cabe hijau besar, iris serong (aku nggak pake, alesannya sama kayak yang di atas)
  • 10 butir pete, kupas
  • 50 gram tauco kualitas ok
  • 500 ml santan dari ¼ butir kelapa
  • ½ sendok teh garam

Cara Memasak:

  1. Kupas kulis udang, kerat punggungnya dan buang uratnya. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis daun salam, daun jeruk, sereh, jahe dan lengkuas. Masak sampai layu. Masukkan bawang merah dan bawang putih. Jika sudah harum, masukkan tomat, aduk hingga layu.
  3. Masukkan cabe merah dan cabe hijau dan tauco. Masukkan juga santan dan garam. Aduk-aduk.
  4. Kalau santannya sudah mendidih, masukkan udang. Beberapa saat kemudian baru pete.
  5. Setelah udang berubah warna, angkat dan sajikan.

Maafkan gambar dan penyajiannya yang asal-asalan. Antara laper dan nggak semangat moto pake hp. Kameranya uda lagi dipinjem ma Diaz sih… *balikin dong yaz.. buat moto-moto masakan gw nih.. hehehhe*. Ntar deh, dibikin lagi dengan gambar dan panyajian yang lebih cantik.

Tapi hweeehh, rasanya… Mak nyoosss… Apalagi kalo dimakannya pake nasi anget dengan timun dan rebusan daun singkong yang dikasih garem. Wuenak.

Selamat mencoba😀

2 thoughts on “Resep: Udang Toco

  1. hai..hai…..
    kirain toco itu apaan;….
    ternyata tauco dlm dialek padang ya…..
    hehehehe
    resepnya okeh nih, ntar aq cobain deh
    tomatnya lu pake yg merah atw yg ijo????
    kayaknya mnurut aq yang ijo lbh cocok kli ya……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s