Sopannya Orang Australia ^^

Setelah nonton berbagai acara TV-nya orang ostrali *padahal aslinya cuman nonton MasterChef doang hehehe* dan baca di blog si ibu cantik di sini, aku jadi ngeh kalo orang ostrali itu sopan.

Pertama-tama, MasterChef itu acara memasak yang aslinya dari Inggris, trus disadur juga di Amerika, Australia, New Zeland dan Indonesia. Acara masaknya untuk amatir. Dari kuli bangunan sampe SW Engineer boleh ikut.

Kalo dari nonton MasterChef yang US ama yang ostrali, keliatan banget bedanya. Kalo judge-nya komen pas masakan yang diicip nggak enak, beuuhh sadissss.. Bisa dilepeh dan dibuang juga tu masakannya. Jadi kayak nonton American Idol deh. Drama..

Tapi kalo yang MasterChef ostrali, tetep sopan euy komennya. Kalo nggak enak ya dibilang nggak enak. Dibilang hal itu nggak pantes untuk disajikan ya dibilangin juga. Tapi di akhir-akhirnya dikasih komen membangun, dikasih semangat untuk tetap maju. Dan antar sesama kontestan juga, sejauh ini yang aku liat nggak ada yang ngasih komen menjatuhkan ke satu sama lain. Atau belum aja ya?

Anyway, kalo dari blog Keluarga Nugraha, diceritain cara orang ostrali mengkoreksi seseorang pun dengan cara yang halus. Nggak main potong kayak orang Indonesia. Lagi ngoceh eh dipotong, “Salah. Yang bener tuh bla-bla-bla”.

Jadi mereka ngebiarin yang ngoceh bla-bla-bla kelar dulu baru ngebenerin kemudian dengan bilang, “Oh kalo bli-bli-bli tuh gini..”.  Jadi yang ngoceh tadi ngeh kalo yang bener bli-bli-bli dan nggak sakit hati.

Cara yang bagus untuk mengkoreksi kalo menurutku. Dicoba juga ah kayak gt. Ni aku jadi pengen ngerasin tinggal di ostraliyah… *ngayal ah…*

3 thoughts on “Sopannya Orang Australia ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s