Halal Vs. Haram

Sekarang ini banyak beredar isu, bahwa salah satu produk es krim favorite saya, Mag**m, haram. Oh no!!! Mana bisa hidup tanpa Mag**m *lebay*. Dibilang haram karena mengandung E471 dan E472, yang katanya itu Emulsifier yang dibuat dari Babi. Tapi….. kan di Mag**m ada logo halal-nya dari MUI.

Jadi inget, dulu isu ini udah pernah ada. Dan produk ini sempet “menghilang” dari pasaran. Trus sekarang ini kembali dengan logo halal. Ini bukan berarti tu produk dulu nggak ada logo halalnya yah. Aku nggak pernah merhatiin sebelumnya. Setelah tu product come back, aku baru merhatiin.

Sekedar informasi, teman-teman bisa ngecek kehalalan suatu produk di Indonesia dengan liat di situs http://www.halalmui.org/. Di situ ada daftar produk dan tempat makan yang mempunyai sertifikat halal dari MUI. Dan dengan bahagia saya mengatakan es krim Mag**m, halal! Dan pas baca-baca daftarnya, ternyata daging sapi di tempat makan favorite saya dan suami, Burger K**g, sudah punya sertifikat halal juga dari MUI! Yesss!!! Alhamdulillah..😄. Di situs itu juga ada daftar lembaga sertifikasi halal selain MUI, yang international gt..

Oh ya, mungkin pada bingung, kok penting daging Burger K**g punya sertifikat halal. Kan produknya sapi. Kayaknya sih ini diliat dari bagaimana cara sapi ini di sembelih. Sesuai dengan syariat Islam apa enggak.

Lebih lanjut lagi informasi mengenai Emulsifier E471 dan E472. Ya, kedua emulsifier itu memang ada yang haram. Tapi, ada juga yang halal. Apakah itu halal atau haram, harus liat label di kemasannya. Menurut saya, nggak mungkin MUI memberi label halal ke makanan haram. Saya percaya mereka pasti sudah melakukan semua pengecekan terlebih dahulu.

Kalo teman-temen mau tau informasi mengenai E-Codes dalam makanan, bisa liat di link ini  http://www.guidedways.com/halalfoodguide.php. Di situ dikupas habis deh E-Codes 100 sampe E-Codes 1500. Mana yang halal dan mana yang haram.

Dan sekian informasi dari si tukang makan. Semoga Allah selalu menjauhkan kita dari yang haram.🙂

9 thoughts on “Halal Vs. Haram

  1. hooo… aku ada emailnya tuh si emulsi2 itu, ada yang bilang sih itu semacam politik persaingan penjualan.
    seperti katamu mbak ti… baca bismillah sebelum makan😀

  2. DIsini masih ga ada label halal-nya😥
    Akhirnya….cemilan eskrim ku beralih ke Cornetto sajaaah…..
    Atau es krimnya Mc D😛 *inpo ga penting*

  3. Tapi gue mah haqqul yakkin, merk besar nggak ada yang berani-berani nggak disahin MUI. Pasti mati deh besnesnya, secara disini orang Islam yaa mayoritas… Kecuali kalo belanja di supermarket bulek yaaa… Disitu nyari marshmellow yang bukan pig gelatin malah susah bok! Cuma ada 1 merk yg bertuliskan pake fish gelatin😀

    • Eh tapi banyak juga loh yang nggak ada lebel halalnya kalo lo merhatiin.. Soale salah satu cemilan favorite gw jaman kecil, sampe sekarang nggak ada cap halalnya. Padahal gw sering liat orang makan cemilan itu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s