Resep: Mocha Chocolate Chip Banana Muffin

Udah dari lama, aku naksir ama resep ini. Beberapa kali beli pisang, nggak pernah kesampean bikin. Karena pisangnya keburu berakhir di dasar lambung. Hehehe. Dan Minggu yang lalu, aku nekat beli pisang lagi. Tu pisang nyaris aja masuk tong sampah, karena aku nggak bikin-bikin dan udah terlalu mblenyek. Tapi karena hari itu adek perempuan semata wayangku lagi di rumahku dan dia semangat bantuin baking membaking, yo wes.. Malem-malem, aku dan adekku bikin ni muffin. Daaaaan…. enak banget ternyata.. *terharu*. So far, ini muffin terenak dengan resep terenak.

Eh tapi mau tau nggak sih alesan sebenernya kenapa aku penasaran banget ma ni muffin? Karena di judulnya ada kata “Mocha”. Kopi di muffin, kedengerannya enak banget. Hahahahahhaa.. Resep aslinya aku ambil dari allrecipe. Seperti biasa, aku modif dikit. Disesuaikan dengan bahan yang ada di dapurku.😉

Mocha Chocolate Chip Banana Muffin


Bahan:

  • ¾ cup unsalted butter, dilelehkan dengan cara ditim
  • ¼ cup low fat milk
  • 1 cup gula pasir
  • 1 telur ayam ukuran L
  • 3 pisang yang udah mblenyek ukuran S-M
  • 2 sdt Nescafe classic, yang dicampur ke 2 sdm air mendidih
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2¼ cup tepung terigu
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdt baking powder
  • ½ – ¾ cup semi sweet chocolate chip *aslinya aku nggak ngukur, asal tuang aja :p*

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 175°C.
  2. Dalam wadah besar, campurkan  adonan kering. Tepung terigu, vanili, baking soda, baking powder, garam dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Dalam wadah yang lebih kecil, kocok kuning telur. Tambahkan susu, unsalted butter yang sudah dilelehkan dan kopi. Aduk rata.
  4. Campurkan adonan basah ke adonan kering. Tambahkan kopi juga. Aduk rata, but don’t overmix!
  5. Hancurkan pisang dalam wadah lain dengan garpu. Tambahkan ke adonan. Aduk-aduk bentar. Sekali lagi, don’t overmix!
  6. Tuangkan adonan ke loyang muffin. Supaya hasilnya cantik, ngisinya cukup ¾ loyang saja, jangan terlalu penuh.
  7. Panggang selama 25 menit. Setelah muffin matang, angkat dan dinginkan di rak. Lalu keluarkan dari loyang dan sajikan.

Aslinya ni resep pake 1 cup mentega biasa. Aku ganti pake unsalted butter karena kayaknya lebih enak. Dan dikasih susu, karena menteganya kurang. Heheheh. Ngawur abis deh. Tapi alhamdulillah nggak berpengaruh banyak ke rasanya.

Jumlah gulanya di resep ini juga udah aku kurangin, takut kemanisan. Soale pisangnya pasti udah manis. Jadinya sih kalo kata temen-temen yang nyoba, pas. Tapi buat aku sendiri masih agak kemanisan. Yang jelas, coba dulu deh pisangnya. Jadi lebih gampang mengira-ngira gula pasir yang perlu dipake. Dan lagi kan pake choco chip yang dah manis. Jadi perhatiin banget deh komposisi gula pasirnya..

Kopinya…nah ini yang aku tambahin. Kopi item di rumah adanya Nesacafe classic dan ni kopi rasanya kurang nendang. Aku juga ngikutin saran orang-orang yang di allrecipe sih, biar mantep tambahin jumlah kopinya. Ternyata walau jumlah kopinya udah di dobel, buatku masih kurang uy… Kalo pake espresso-nya Starbucks, wew.. pasti tambah enak yah?😀 Eh ternyata setelah dibaca-baca aku yang salah. Harusnya 1 sdm bukan 1sdt. Pantes nggak nampol..😄

Masukan terakhir dari ku. Pisangnya nggak usah lembut-lembut  ngancurinnya. Lebih enak ada bagian yang masih kasar. Bikin merem melek deh.. Sudah dibuktikan olehku sendiri dan adekku. Just ask my dear husband, he’ll said that my sister and I just look like a stupid drug user when we ate this muffin. Hahahahah…

Selamat mencoba.. ^^

Leave a Reply

