Resep: Tahu Masak Taoco

Wueehh.. Dah lama yah blog ini dicuekin yang punya. Yah harap maklumlah, kalo lagi bulan puasa gini, akika sibuk sekali. Nggak sempet euy ngetik blog. Di kantor sibuk nahan ngantuk, di rumah apalagi.. Sibuk banget *yang ini beneran*.. Tiap hari aku harus masak buat makan malam dan saur. Kadang-kadang banget bikin cemilan juga buat buka puasa.

Di hari ultah suamiku ini, aku nggak masak macem-macem. Waktunya ndak ada. Gara-gara kepincut sama diskon 20% di Gramedia Plaza Jababeka pas mau ke Carrefour, kelamaan deh belanjanya. Hehehhe. Malem ini aku cuman Tahu Masak Tauco. Resepnya nyontek dari Primarasa: Menu Keluarga Kecil. Dan yang mengezutkan, enyak loh.. Beda deh sama Udang Taoco yang pernah aku bikin. Lebih segarrr.. Padahal sama-sama pake udang, tahu, taoco dan santen.

Tahu Masak Taoco

Bahan:

  • 2 potong tahu ukuran @ 4x10x10 cm
  • Minyak goreng
  • 8 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 buah cabe merah besar (aku pake cabe merah keriting, adanya itu), iris serong
  • 3 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 1 sdm cabe merah giling (aku nggak pake, lupa beli soale :P)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, keprek (aku cuman pake 1, lupa beli juga :P)
  • 1 cm lengkuas, keprek
  • 8 lembar daun jeruk
  • 2 sdm taoco
  • 500 ml santan, dari ¼ butir kelapa
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 gram udang ukuran kecil
  • 50 gram daun kemangi

Cara memasak:

  1. Kupas kulit udang, kerat punggungnya, buang kotorannya, kucuri dengan jeruk nipis, sisihkan.
  2. Potong tahu berbentuk dadu, goreng sampe agak berkulit, angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau dan cabe giling sampe layu.
  4. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan taoco sampe harum.
  5. Masukkan santan, garam dan gula. Aduk-aduk santan agar tidak pecah sampe mendidih. Masukkan udang dan tahu goreng.
  6. Masak terus di atas api sampe bumbu meresap dan kuah agak berminyak. Tambahkan kemangi, aduk-aduk sebentar sampai layu. Angkat dan sajikan.

Dijamin deh, enyak enyak enyak.. Tapi sayang tadi kelupaan beli cabe giling. Harusnya kuahnya ada efek kemerahan gitu.. Dan kalo nggak doyan daun kemangi, ganti aja pake pete. Rasanya memang jadi agak beda, tapi dijamin sama dahsyatnya.

Selamat mencoba~ ^^

2 thoughts on “Resep: Tahu Masak Taoco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s