Torch? Apaan Sih?

Senin yang lalu, aku melakukan tes Torch di rumah sakit tempat aku biasa kontrol kehamilanku, sebut saja rumah sakit Mitra Keluarga Cikarang. Untuk teman-teman perempuan yang sudah menikah, mungkin dah pada tau yah apaan sih tes Torch itu? Kalo kata wikipedia:

TORCH adalah istilah yang mengacu kepada infeksi yang disebabkan oleh (ToksoplasmaRubellaCytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II (HSV-II) dalam wanita hamil. TORCH merupakan singkatan dari Toxoplasma gondii (toxo), Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) and other diseases. Infeksi TORCH ini sering menimbulkan berbagai masalah kesuburan (fertilitas) baik pada wanita maupun pria sehingga menyebabkan sulit terjadinya kehamilan. Infeksi TORCH bersama dengan paparan radiasi dan obat-obatan teratogenik dapat mengakibatkan kerusakan pada embrio. Beberapa kecacatan janin yang bisa timbul akibat TORCH yang menyerang wanita hamil antara lain kelainan pada saraf, mata, kelainan pada otak, paru-paru, mata, telinga, terganggunya fungsi motorik, hidrosepalus, dan lain sebagainya.

Dari artikel-artikel yang saya baca, terutama nih ya, parasit Tokso nggak hanya bisa menyerang wanita hamil. Bisa menyerang semua orang dengan berbagai macam usia. Host utama dari Tokso adalah binatang kucing yang terkena parasit ini karena memakan daging mentah. Well, binatang lain juga bisa sebagai host juga sih.. Parasit ini akan ikut keluar bersama kotoran kucing. Dan tanah tempat kucing buang kotoran tadi akan menyimpan Tokso. Kalo misal di bekas tanah itu ditumbuhi tanaman, tanamannya juga akan membawa Tokso tersebut.

Dari binatang, Tokso juga bisa menulari manusia. Caranya adalah dengan memakan daging maupun sayuran yang mentah atau tidak matang. Seorang ibu juga bisa menurunkan penyakit ini ke janin dalam kandungannya melalui plasenta.

Kenapa Tokso dibilang parasit? Karena memang nggak menular, dia bukan virus. Beda dengan Rubella (campak jerman), CMV dan Herpes. Mereka bertiga itu virus dan mudah menular lar lar lar larrrr…..

Nah, itu intronya. Sekarang masuk ke isi postingan. Bakalan panjang banget.. *siapin pop corn*

Pada saat awal menikah, aku udah pernah tes Torch atas anjuran teman dan keluarga di rumah sakit Harapan Keluarga Cikarang. Biayanya mahal sekali buatku. Hasil tesnya bilang kalo aku pernah terkena salah satu virus beberapa tahun yang lalu tapi alhamdulillahnya pada  saat itu, virusnya udah pergi dari badanku. Aku taulah secara garis besar apaan sih tes Torch dsb. Tapi ya pada waktu itu, aku masih “oh ya ya ya” dan cuek-cuek aja.

Sampai akhirnya aku hamil. Awal kehamilan, aku sih masih pede aja. Aku mikirnya, “ah dulu kan di tes and nggak apa-apa..”. Aku makan agak sembarangan. Nggak sampe nekat makan sushi trus dilanjutkan dengan steak yang medium rare sih.. Aku kadang masih makan gorengan pinggir jalan (kalo nggak sempet makan pagi), salad dengan mayonaise menggunung, ketimun dan kemangi tiap makan pecel, dsb.. Nggak tiap hari sih. Once in a while aja.

Trus suatu hari suamiku nanya deh, “Kamu awal hamil tes Torch ngga?”. Selama trimester awal kehamilanku, suami lagi di Korea. Aku jawab, “Engga.”. Mulai deh kami berdua kepikiran. Karena kebiasaanku yang kadang suka makan sembarangan dan suka ada kucing yang ngejadiin halaman depan sebagai WC umum *dasar kucing! sini lo kalo berani!*. Yah nggak tes torch juga karena memang dokterku nggak menyarankan untuk tes. Dan setauku tes Torch itu kan nggak wajib. Akhirnya kami memutuskan lebih baik, aku tes Torch lagi deh di rumah sakit Mitra Keluarga hari Senin kemaren.

Tesnya sih gampang, cuman ambil darah di lab. Dan di rumah sakit Mitra Keluarga ini keren. Dia suntikannya pake model vakum trus pake jarum bayi. Jadi nggak sakit deh trus cepet. Dan hasilnya ternyata bisa keluar dalam sehari. Jadi deh hari ini aku dan Uda balik ke rumah sakit lagi. Yang kebayang sih, si dokter bilang semua hasilnya negatif dan diriku amaaann.

Begitu ambil hasilnya di lab, Uda  ngebuka tu amplop. Dan begitu baca, mak nyekkkkk deh rasanya hati ini, kok ada yang positif????? Anti Rubella IgG (+) 59.40 dan Anti CMV IgG (+) 163.50. Uh mana gw hamil udah 5 bulan lagiiii. Kenanya dari kapan? Kenapa nggak tes waktu awal hamil? Ah kalo dari awal ketauankan bisa diobatiiiinnnnn. Paniknya alamak… Selama antri dokter, Uda browsing internet cari tau ni poin yang positif itu artinya apa. Dan udah deh, air matapun tak tertahankan. Mewek deh gw dibangku tunggu.. Ngebayangin si dedek lahir kenapa-kenapa, ada yang kurang, ada yang salah, dsb. Huuuuuu, maafkan ibu, naaaaakkkkk…. T_T

Tapi setelah Uda nunjukin artikel ini, baru deh aku mulai sedikit tenang.

Pada waktu pertama kali terinfeksi (infeksi primer), tubuh manusia akan membentuk senyawa protein IgM (Immunoglobulin M) sebagai reaksi terhadap masuknya mahluk asing ke dalam tubuh. Senyawa protein ini dalam waktu relatif singkat langsung terbentuk begitu tubuh terkena infeksi.

Kira-kira 4 minggu setelah terjadinya infeksi primer akan terbentuk pula IgG (Immunoglobulin G) yang merupakan suatu zat penangkis atau kekebalan tubuh. IgG ini juga merupakan protein dengan berat molekul besar. Adanya IgG menunjukkan bahwa dalam tubuh telah terbentuk kekebalan.

Jadi, ibu yang pernah terinfeksi toksoplasmosis di masa lalu, titer IgG-nya tidak pernah nol ataupun negatif.

Emang sih, di quote artikel cuman dibilang IgG dan IgM untukTokso. Yang positif di hasil lab saya Anti Rubella IgG dan Anti CMV IgG. Tapi aku pikir IgG dan IgM Torch dengan Rubella dan CMV sama aja. Fiuuhhh… Dan pas akhirnya giliran aku dan Uda ngadep dokternya juga dia bilang, kenanya itu di masa lalu, lebih dari 2 tahun yang lalu. Sekarang sih virusnya udah nggak ada di badanku. Alhamdulillah…. Baru deh gw bisa senyam senyum lebar lagi😀.

Si dokter juga bilang, kenapa para dokter jarang yang menyarankan tes Torch. Karena hasil dari tes itu sangat bergantung pada alat. Jadi nggak akan akurat. Jadi tes Torch itu cuman menyelusuri jejak tanpa memberikan solusi dengan harga yang sangat mahal. Sebelumnya si dokter juga pernah ngasih tau, kalo kena Tokso, memang bisa menyebabkan adanya cairan di tubuh bayi, letaknya di kepala bagian depan, belakang, kanan dan kiri. Nah kalo misal di bayi punya cairan di paru-parunya, itu disebabkan karena kurangnya asupan oksigen ke si bayi karena asupan oksigen yang beredar di darah si ibu juga melambat. Dan melambatnya asupan oksigen di ibu hamil ini merupakan hal yang wajar. Kalo nggak salah dokterku bilang itu disebabkan melebarnya pembuluh darah ibu dan nggak bertambahnya Hemaglobin (sel darah merah pembawa oksigen).

Aku nggak nyesel sih harus ngebuang duit segitu demi tes ini. Soalnya ini jadi pengingat juga, kalo aku nggak boleh makan sembarangan selama hamil. Selama ini aku sering banget ngeyel kalo udah soal makanan. Udah nggak terhitung berapa kali aku protes keras ke Uda karena dilarang-larang *ngelarangnya juga tanpa artikel pendukung sih :p*. Ngambek di mall ya jadi deh. Tinggal 4 bulan lagi kok aku bisa makan mayonaise dan lalapan mentah.. Ucapin dadah dulu deh buat Salad di PH, Angus Burger with cheese and bacon di BK (roti dan burgernya sih OK, tapi sayuran mentahnya ituuu), sate ayam depan gedung Wanita di Jogja, telor setengah mateng di nasi goreng, sate jengkol di Dapur Coet, dsb.. Sabar… *sun sayang kesemuanya*.

Ada beberapa tips buat ibu-ibu yang sedang hamil atau sedang berusaha untuk hamil.

  1. Jangan jangan jangan pernah sok tau dan mencoba membaca hasil tes Torch sendirian. Ngerti nggak, panik iya. Lebih baik konsultasi ke dokter deh untuk dibacakan hasilnya. Bekali diri dengan informasi sebanyak mengenai Torch dan cara membaca hasil tesnya biar nggak buta-buta amat.
  2. Jangan makan makanan yang tidak matang atau mentah. Mayonaise, sushi, STMJ, dsb. Kalo mau makan sayuran mentah semacem salad, ada juga yang bilang gpp asal dicuci sampe bener-bener bersih dan dengan menggunakan air matang.
  3. Jauhi Deli Style Meat. Semacem sosis, kornet, salami, dsb. Mengenai Deli Meat Style baca disini ya. Ada yang bilang gak apa-apa makan deli meat asal di masak sampe mateng. Jadi mau menghindari atau nggak, tergantung kepercayaan masing-masing aja sih ^^.
  4. Jauhi hewan peliharaan untuk sementara waktu. Kalo di rumah punya hewan peliharaan, minta ke suami ato anggota keluarga yang lain untuk rajin ngebersihin kandangnya.
  5. Beri makan hewan peliharaan dengan daging yang sudah matang maupun makanan kering. Jangan kasih daging mentah.
  6. Gunakan sarung tangan saat berkebun.
  7. Selalu cuci tangan dengan sabun dengan cara yang benar tiap abis ke kamar mandi, megang yang jorok-jorok (sapu, dsb) dan sebelum makan. Aku pernah posting mengenai caranya disini.
  8. Jika bisa masak sendiri aja. Kebersihan dan kematangannya pasti lebih terpercaya karena dikerjain oleh tangan sendiri. Dan penggunaan bumbu masak pun udah pasti terhindari.

Keterangan makanan apa saja yang harus dihindari selama kehamilan bisa diliat disini. Di link tadi ada juga ada keterangan kenapa sih deli meat itu sebaiknya dihindari.

Untuk bumil, mau tes Torch atau nggak ya pilihan masing-masing. Karena harganya muahalll dan keakuratan hasilnya pun nggak 100%. Dokter pun beda-beda, ada yang bakal nyuruh tes, ada yang bakal bilang nggak perlu tes selama di hasil USG nggak keliatan sesuatu yang nggak normal. Kalo mau tenang ya sebaiknya di tes saja. Setauku, tes di lab yang bukan di rumah sakit akan lebih murah biayanya. Dan yang penting jaga kesehatan dan jaga makanan. Tapi yah kalo makan pizza once in a while gak apa-apa koookk… *bandel :p*.

Laper. Saatnya minum susu dan ngemil jeruk buat ratu cantik ini (baca: aku). Untuk bumil, semangat hidup sehat ya. Kata ibuku, katakan berulang-ulang dalam hati, “Semua ini demi anakku.”. Dan sekian tulisan yang sangat panjang ini.. ^^

Update 30.08.2015:

Post ini sudah lamaaa sekali. Jadi sudah tidak valid lagi info harganya. Tapi sebagai gambaran, berikut ini adalah biayanya.

Di RS Harapan Keluarga Cikarang, tahun 2010 yang lalu Rp 2.100.000,- (full check semua virus).
Di RS Mitra Keluarga Cikarang, tahun 2012, biayanya Rp 1.300.000,- (saya lupa check semua virus atau tertentu saja)

Untuk info harga terbaru, silahkan hubungi RS atau poliklinik terdekat.

53 thoughts on “Torch? Apaan Sih?

  1. hiks sedih deh bacanya jd inget anak perempuan ku mba. kelalaian ku juga ga tes torch di awal kehamilan. ketauan pas udah 7 bulan. jadi pembelajaran buat anakku kedua nanti. nice info mba🙂

    • misalkan kita udah tes torch di awal kehamilan, fah. kita tetep bisa kena tokso maupun yang lainnya di bulan yang berikutnya.. semakin tua kehamilan si ibu, justru semakin gampang kena (menurut literatur yang dibaca suamiku).

      tapi semoga nanti untuk anak kedua semua lebih lancar ya fah..😉

  2. mbak…makasih infonya,pengalaman kt sama,lht hasil lab lgs sedih duluan krn ya itu td ga ngerti baca hasil lab hehehe..

  3. Mbak, saya bumil anak ke 2. Usia kandungan masuk ke minggu 15. Bisa minta alamat RS yang biaya TORCH nya murah itu mbak.. Trims. Soalnya kok saya jadi sedikit Paranoid ama kehamilan yg ke 2 ini. Hari ini jg makan sate walaupun saya yakin itu mateng n barusan juga makan dendeng.. Tambah kepikiran deh..

  4. mbakk aq kan test torch-nya dikehamilan 18minggu dan hasilnya IGg rubella&IGg CMV positif, tp IGmnya alhamdulillah negatif smua, nahh kira2 dokter kandungan bs detect ga sih kpn virusnya masuk ke tubuh qt soalnya parno jg kalo ternyata kenanya diawal2 kehamilan gt..

    • Halo…

      Humm, seingetku, kata dokter kandunganku waktu itu, tes TORCH ini cuman bisa ngasih hasil apakah kamu pernah (baca: berarti sekarang udah sembuh)terkena TORCH atau sedang terkena TORCH. Kalo hasil tesnya kamu pernah terkena salah satu dari virus maupun bakteri TORCH, ngagk bisa diketahui kapan kamu pernah kenanya. Gitchu… Cuman untuk lebih jelasnya, jangan pernah hanya percaya pada apa yang saya tulis di postingan di atas ya. Tanyakan juga ke dokter kandungan sambil bawa hasil tes labnya. Pastikan pada yang expert saja..😉

      Anyway, selamat atas kehamilannya🙂

  5. Mbak,tlg donk saya pgn tau alamt rmh sakit B tsbt. Saya kguguran dua kali dlm stahun. D sms ke nmr saya aja ya
    083840019419.. Mksh sblmnya..

  6. mbaaakk..minta di-email alamat RS B-nya skaligus biaya tes torch-nya yaaa…aku br mau menikah..dan krn pny piaraan kucing & burung jd kyny perlu tes torch d..makaciii…:)

  7. Salam kenal mba, aku lgi hamil 6 minggu, kemarin dkter saranin ngeceek torch di lab sesuatu gtu.. Kalo boleh info, mau dnk alamat RS mba ngecek torch.. Tingkyuuu… ^_____________^

  8. asiiik, nemu artikel yg nambah ilmu dan mudah di mengerti….
    mau juga dunk rs a dan b, dan biaya di masing2 rs ituuuuh… thanks yaaa…
    btw any we buswe…. rada heran dengan ini : “Angus Burger with cheese and bacon di BK ” soalnya di fotonya mbak cantiiiiik bgt dan berjilbab…. sedangkan bacon kan sebutan untuk daging babi? cmiiw…🙂

    • untuk rumah sakitnya, nanti aku kirimkan via email aja ya ^^

      sedangkan untuk bacon, mostly, di luar negri, bacon memang dari pork alias babi.
      tapi karena di Indonesia kebanyakan orangnya beragama Islam, seperti Burger King gitu dia menjualnya beef bacon.
      dulu juga sempet ragu, pas ditanya ke kasirnya, alhamdulillah, ternyata sapi. jadi bisa tetep makan🙂

  9. Mba saya juga sdh periksa torch dan ternyata sama seperti mba hasilnya IgG rubella positif 40 dan lgG cytomegalovirus positif 52. Saya belum hamil msh dlm perencanaan, saya jd agak kuatir nih mba dgn hasil2 yg positif tsb, bisa disembuhkan ya mba? Ohya mba saya minta alamat rs nya, nama dokter yg menangani mba dan tempat utk pemeriksaan labnya juga. Terimakasih ya mba utk balasannya.

    • Emailnya sudah saya kirim mbak. Cuman perlu diketahui kalau saya juga bukan dokter. Saya cuman orang awam yang membagi pengalaman pribadi saja🙂. Mengenai kesembuhan, insya Allah bisa sembuh. Always think positive😉

      • mba anakqu jga mau tes toxo, minta info rsnya dunk, trimaksih sebelum nya ya mba, wass or sms aq di 085339120278, please urgent ya mba trims mba aty

  10. Obat Herba Khusus Penyakit TORCH.
    Berkhasiat untuk membantu menyehatkan rahim dari segala macam penyakit gagal rahim dan penyakit TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II). Komposisi : Phalariae Fructus, Zedoariae Rhizoma, Morindae Citrifolia, Andrographidis Herba, dll. Harga Rp. 265.000,- (35 kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Pemesanan hubungi : Telp. 021 – 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

  11. Mb…aq ♍àΰ donk minta alamat RS nya. Aq br baca artikel ini. Aq dsuruh tes TORCH krn sudah 2x keguguran. Tp dsini biayanya 1,8.
    Terimakasih mb…

  12. Mbaaa aku mau tau dong nama rmh sakitnya itu buat tes TORCH,,cz aq lg hamil 10w n dirumah pelihara kucing 1 ekor,n tiap hari suka main2 sm kucingku itu,tdinya sih PD aja soalnya kucingku itu rajin aku vaksin n mandiin ke salon,tp kok lama2 kawatir jg yaa sm tokso,,,hiks…makanya mau periksa,mmpg msi awal…thnks mba

    • Saya kemarin habis ke obsgyn trus disuruh test lab.. kalo di RS saya tu mahal banget test labnya jadi cari alternatif lain tempat testnya…

  13. Maaf ya saya telat balas comment2 yang nanyain harga dan nama rumah sakit tempat saya tes torch.
    saya sudah kirim email ke alamat yang sudah nulis comment di blog ini,

    namun perlu diketahui, saya nulis artikel ini tahun 2011.
    jadi harganya ya harga tahun 2011.
    ada baiknya konsultasi ke lab di rumah sakit ato lab2 lainnya (prodia, paramitha dll) untuk harga updatenya.. ^^

  14. Bagus banget info nya
    Aku kemaren abis keguguran trs di kuret. Dan abis kontrol disuruh test torch.
    Boleh tau Rs yg di.maksud rs apa ya? Bisa email ke aku.
    Makasih sebelumnya ^_^

  15. Obat Herba Khusus Penyakit TORCH.
    Berkhasiat untuk membantu menyehatkan rahim dari segala macam penyakit gagal rahim dan penyakit TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II). Komposisi : Phalariae Fructus, Zedoariae Rhizoma, Morindae Citrifolia, Andrographidis Herba, dll. Harga Rp. 295.000,- (35 kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Pemesanan hubungi : Telp. 021 – 710 85 910 / 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s