Resep: Baked French Toast With Banana And Chocolate

Pagi tadi diriku iseng bikin French Toast panggang yang dikasih pisang ama coklat. Nemu resep ini disini. Trus sejak itu kebayang-bayang makan ini.  Huehehehe. Dan akhirnya pagi tadi bisa bikin.

Baked French Toast With Banana And Chocolate

Bahan:

  • 8 roti tawar tanpa pinggiran
  • 4 telor ayam gede → karena abis, aku pake 2 telor ayam negri dan 2 telor ayam kampung :p
  • ½ cup susu cair
  • 2 sdm gula pasir
  • Sejumput garam
  • ½ sdt vanili ekstract
  • ¼ sdt kayu manis bubuk  → tadi diskip, yang di rumah basi :p
  • 50 gram dark chocolate cooking  → ditambahin juga gpp
  • 2-3 pisang yang udah kematengan, diancurin pake garpu  → tadi cuman pake 2 ½ pisang, nyesel, harusnya 3 aja
  • Mentega buat ngolesin loyang
  • Coklat bubuk
  • Demerama Sugar (Optional)  → nggak tau gula apaan, jadi aku skip

Cara Memasak:

  1. Panaskan oven di suhu 190ºC. Olesin loyang dengan mentega, sisihkan.
  2. Kocok telur ayam, susu, kayu manis bubuk, vanili, gula pasir dan garam.
  3. Celupin dan bolak balik (jangan direndem) roti tawar satu demi satu ke adonan telor tadi trus taro di loyang.
  4. Kasih pisang dan coklat cincang di atasnya.
  5. Celupin lagi roti tawar berikutnya, kasih pisang dan coklat, dan seterusnya sampe abis.
  6. Kalo dan abis tuangin sisa bahan celupan tadi ke loyang. Tekan-tekan pake spatula biar rotinya kerendem semua. Taburin pake gula Demarama di bagian atasnya.
  7. Panggang selama 20-25 menit ato sampe warnanya keemasan. Dalemnya harus tetep gooey ya..
  8. Kalo udah mateng, dinginin bentar.
  9. Trus ayak deh si coklat bubuk sampe rata.

Kalo ngeliat resep aslinya emang ada kesalahan teknis, aku numpuknya ketebelan. Harusnya 2 level aja, ni aku 4 level. Hueheheh. Pantesan bentuknya nggak mirip tiramisu… Kata orang-orang yang nyicip, telornya terasa banget. Jadi kayaknya besok2 kalo bikin lagi aku kurangin telornya. Trus juga setelah aku makan, buatku kurang manis. Dan setelah ngintip resep aslinya, sebelom ditaburin coklat bubuk, ditaburin Demerara sugar dulu. Berhubung tulisannya optional aku skip. Eh ternyata ngaruh gede ke rasa makanannya. Dan ternyata lagi Demerara Sugar itu maksute brown sugar :hammer. Di Cikarang gini nyari dimana coba brown sugar… Lain kali, mungkin jumlah gula pasirnya aku tambah ato coklat yang dipake milk chocolate aja. Tapi kayaknya dikasih susu kental manis putih enak juga….

Overall, ni makanan enak dimakan pagi-pagi trus anget-anget. Gampang pula masaknya.  Siapin semuanya, panggang trus mandi. Kelar mandi kelar dandan, kelar juga waktu memanggangnya. Yang paling membahagiakan, suamiku doyan. Kalo nggak kan pingsan aja kalo aku harus ngabisin 1 loyang sendirian..

Oh iya, foto yang di postingan ini jelek. Pake kamera hp trus buru-buru pula udah dipanggilin Uda buat berangkat ke kantor >.<. Ntar kalo bikin lagi, diupdate ama foto yang bagusan. Huehehehe….

Selamat mencoba ^^

2 thoughts on “Resep: Baked French Toast With Banana And Chocolate

  1. masa nyari brown sugar susah? di kerfur keknya pasti ada deh, atau farmer’s market, atau 1 lagi saingannya yg ada di lippo apa tuh namanya…lupa😀
    brown sugar yg bisa dijadiin taburan roti tawar jg bukan? maap2 kalo eke salah.. hueheu.

    • hooo gw baru tau ditaburin di roti tawar…

      dah pernah nyari nyun, adanya palm sugar. beda ma brown sugar. brown sugar dari tebu tapi kandungan molasesnya banyak makanya coklat2 gt warnanya.

      entah apa itu molases… -_-“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s