Resep: Macaroni Schotel II

Di hari Minggu yang cerah ini, aku ngebayangin makan macaroni schotel yang diperagain di acara Women Activity di kantorku Jumat kemaren. Abis kemaren kebagiannya cuman dikit siihh… :p Untung adek perempuanku dateng ke cikarang. Ya udah deh, diriku minta dibantuin bikin. Mayan, ada tambahan tenaga buat ngurusin bahannya dan cuci mencuci perkakasnya. Kalo nggak mah, kakiku bisa mekar (baca: bengkak) dengan indahnya selama bikin ni macaroni schotel.

Resepnya aku minta sama si koki peraganya, Mbak Maisuzani, panggilannya Mbak Deni *halo mbak~*. Beda sama resep yang pernah aku post sebelumnya ya. Ini yang dibawah udah aku ubah dikit resepnya. Di resep asli tumisan sausnya dikasih gula. Tapi berhubung diriku dan suami adalah calon pembuat pabrik gula (baca: punya turunan diabetes), jadi ya aku skip saja. Takarannya aku kurangin kira-kira ½ dari resep aslinya. Lebih malah. Soale di rumah cuman ada 2 orang, ntar kebanyakan juga bingung ngabisinnya gimana. Di bawa ke kantor? Males ah… Hihihihihi… Maaf ya teman-teman kantorku.. Enak loh rasanya..

Macaroni Schotel

Bahan:

  • Keju Mozarella secukupnya
  • Macaroni ½ bungkus
  • Mentega untuk mengolasi loyang

Bahan Saus Merah:

  • ½ siung bawang bombay ukuran kecil, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • ¼ kg daging cincang → di resep aslinya sih tanpa lemak, cuman aku sih apa aja deh :p
  • ¼ botol saus tomat → sesuai selera aja
  • ¼ botol saus sambel → sesuai selera aja
  • Oregano → sesuai selera aja
  • Garam dan merica secekupnya
  • Minyak zaitun untuk menumis

Bahan Saus Keju:

  • ½ – 1 sdm tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • ½ siung bawang bombay ukuran kecil, cincang
  • ½ bungkus keju cheddar, parut
  • 150 ml susu cair
  • ½ – 1 bungkus jamur kancing → dipotong-potong kecil

Cara Membuat:

Panaskan air sampe mendidih, kasih mentega secukupnya, cemplungin makaroni. Tunggu sampe matang, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Saus Merah:

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan minyak zaitun secukupnya sampai layu *perlu diingat nanti minyak dari daging juga keluar*.
  2. Masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai berubah warna.
  3. Masukkan saus tomat dan saus sambal.
  4. Masukkan oregano, merica dan garam.
  5. Angkat dan sisihkan dulu.

Cara Membuat Saus Keju:

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan minyak zaitun secukupnya sampai layu.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai adonannya mengental.
  3. Masukkan susu cair sampai mendidih.
  4. Tambahkan keju cheddar yang sudah diparut dan jamur kancing.
  5. Aduk-aduk sampai kira-kira kejunya sudah lumer semua.
  6. Angkat dan sisihkan dulu

Langkah Akhir:

  1. Panaskan oven di suhu 175º C.
  2. Dalam loyang yang sudah diolesi mentega, taro ½ macaroni sampai rata.
  3. Di atasnya, tuangkan saus merah.
  4. Kasih sisa macaroninya.
  5. Di atasnya, tuang saus putih.
  6. Taburin dengan keju mozarella yang sudah diparut atau dipotong tipis-tipis.
  7. Panggang selama 20-25 menit.
  8. Angkat dan sajikan.

Rasanya? Ya sudah pasti enak toh ya…. *narsis* Tapi tadi nyesel sih kenapa di taburin keju Mozarella. Soale keju mozarellaku rasanya udah agak-agak aneh X(. Kayaknya lebih enak kalo bagian atasnya dikasih keju cheddar yang singles aja. Toh lumer-lumernya mirip-mirip *maksa.com*. Tapi ya sudah lah, sudah jadi dan sudah masuk di perut juga. Trus tadinya juga sempet kepikiran bikin saus tomat sendiri tuh biar sehattt, tapi berhubung di rumah nggak ada tomat mentah jadi ya udahlah… Saus botolan saja. Dan saranku kalo nggak mau rasa saosnya kuat ya dikit aja makein saosnya.

Macaroni Schotel resep yang ini kan pake 2 macam saus. Jadinya tu pas mateng, dia nggak akan padet. Kenapa? Soale sausnya banyak. Bentuk macaroninya ya bakal masih keliatan trus misah-misah gt. Tapi rasanya sih enak-enak aja. Trus wangi oreganonya itu loh yang mmmmmhhhhhhhhh, sedaaappp…. Suamiku lebih doya resep yang ini dibanding resep yang satunya. Alesannya dia lebih suka yang ini karena nggak ada sayurnya. Si buyung yang diperut selama diriku makan juga goyang-goyang mulu. Hihihihihi.. Enak ya, dek?

Ya sudah, diriku mau makan es krim dulu. Selamat mencoba~ ^^

4 thoughts on “Resep: Macaroni Schotel II

  1. Teteh, misal itu loyang nya pake loyang biasa buat panggan roti aja gimana ya? Gak yang pyrex gitu. Soale gak punya aku teh hehe… Resep ini sama yang resep pertama, enakan mana teh? Pas beli schotel macaroni di luar sih suka yang creamy dari pada yang padet mengkeret gitu🙂

    • wah saya baru baca commentnya, semoga masih bisa membantu.

      pake loyang biasa gpp yui. tapi loyangnya dilapisi aluminum foil ya.. biar nggak rembes dan gampang juga ngambilnya ^^
      kalo soal enak sih selera. kalo yang resep I, jadinya dia padet dan ada rasa sayurnya. dagingnya juga pake potongan daging ayam.
      kalo resep II, jadinya creamy. karena pake saus tomat dan saus keju. dagingnya daging sapi cincang pula.

      rasanya lebih kuat yang resep II menurutku. aku sih suka keduanya.
      jadi tergantung kamu aja doyan yang mana..😀

  2. Teh, nambah lagi hehe.. Aku cuma ada dried oregano, bisa kan yah pake itu aja? Kira-kira 1 sdt cukup kah? Makasih teh… Mohon dibales🙂

    • aku juga pake dried oregano. kalo nyari yang fresh susah kayaknya di indonesia.
      banyaknya oregano sesuai selera kok. sambil diicip2 aja sausnya. rasa oreganonya udha cocok apa masih kurang😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s