Belanja Perlengkapan Bayi

Sebelumnya sepupuku Niken tersayang pernah bilang, “Lo nggak usah beli-beli perlengkapan bayi yah. Pake yang punya anak gw aja. Anak gw kan udah 6 bulan, nah yang udah nggak muat lo bawa aja. Ntar gw siapin biar lo tinggal bawa.”. Pikirku ya Alhamdulillah. Nggak perlu ngeluarin duit buat beli popok dsb. Eh tapi pas akhirnya 2 bulan kemudian aku ke rumahnya dengan niat merampok perlengkapan bayi yang dia janjikan itu, diriku dapet kabar dari adiknya Niken, Nina. Itu juga dia keceplosan ngomong, “…. Ups. Lo belom tau ya? Kakak gw kan hamil lagi udah jalan 2 bulan…”. Reaksi saya? Tertawa terbahak-bahak trus pulangnya dengan tangan nyaris hampa.

Jadi ya udah deh, diriku harus beli sendiri perlengakapan bayi. Tapi nggak harus beli semua sih, dikasih beberapa ama Niken dan Uul. Makasih ya… *hugs*

Dan hari Minggu yang lalu, aku dan suamiku ke ITC Cempaka Mas buat belanja perlengkapan bayi. Emang sih aku hamil baru 6 bulan mungkin ada yang mikir kecepetan kalo belanja-belanja. Cuman ya mau gimana lagi. Semakin tua kehamilanku, semakin bengkak pula badanku (literally bok) dan bakal semakin susah diajak jalan-jalan jauh. Dan nggak seru aja kan kalo nantinya aku ditinggal, masa cuman uda doang yang belanja. Akyu kan pengen ikutan milih-milih juga.. Kenapa di ITC Cempaka Mas? Karena menurut teman kantorku, toko Audrey di ITC itu termasuk toko perlengkapan bayi yang paling murah. Apakah benar? Lumayan…

List yang dibutuhkan apa aja? Buanyak buanget.. Kalo masih bingung apa yang harus dibeli, toko perlengkapan bayi biasanya menyediakan listnya kok. Cuman ya gt, karena listnya buat bayi dari new born sampe MPASI, buanyak yang nggak/belom penting. Dan kalo yang di Audrey, listnya nggak mencantumkan merk maupun harga. Oh ya, perlengkapan yang dibeli bukan buat bayi aja tapi juga buat si ibu pasca melahirkan. Penting itu.. Daripada harus beli di rumah sakit mahal.. :p

Pas belanja itu, aku ma uda nyampe depan tokonya jam 10 lewat dikit. Cabut dari tokonya? Jam 1 siang. Gila ya lamanya. 3 jam bok. Dari yang seneng milihnya sampe akhirnya pusing karena banyak banget, nggak kelar-kelar trus tokonya juga tambah rame. Listnya sih kita dah ada. Tapi lamanya tu ternyata nunggu pas barangnya diambilin. Belom lagi aku ma uda nggak dibekali dengan pengetahuan merk apa yang bahannya bagus dan nggak mahal. Hiiihhh…. Tambah lama deh milihnya.  Tiap barang berbahan kain yang mau dibeli mesti dielus-elus dulu. Belom lagi nanya-nanya harga. Yang jelas, semakin halus kainnya ya semakin mahal harganya.

So mums, catet dengan baik deh barang yang mau dibeli apa dan merknya apa. Nggak tau merk? Cari aja di inet. Browsing di forum-forum ibu-ibu. Pasti ada deh infonya. Daripada bingung dan kelamaan di tokonya… >.<

Berdasarkan saran temen kantorku, Uul, untuk baju dan celana bayi, aku beli yang size S. Bukan size New Born. Karena bayi itu gedenya cepet. Dari pada baru 1-2 bulan harus belanja baju lagi, aku dan uda memutuskan belinya agak gedean. Biar nggak bolak-balik dan biar irit juga. Gombrong dikit gpplah.. Hehehe. Yah mungkin itu juga sih yang bikin kemaren belanjaanku jadi mahal. Untuk merk yang sama baju ukuran New Born dan S bedanya bisa 30rb-50rb perlusinnya.

Waktu nyampe sana itu yah, aku kira uda yang bakal kalap beli ini itu, soale yang semangat ngajak belanja mulu tu dia. Eh ternyata, tetep aja, aku yang kalap. Hahahahha. Sudah bisa diduga ya. Itu kalo aku pergi belanja sendiri, entah sudah berapa banyak uang yang aku keluarkan. Kemaren juga akhirnya sebagian besar uda yang milih barangnya. Dia tu yang memutuskan ni merk A kainnya cukup alus, merk B terlalu kasar dan C terlalu halus. Dst. Kalo aku yang milih…. bisa pingsan kali uda pas bayar. Kemaren aja uda pake adegan sesak nafas gt pas liat struknya. =))

Dan apakah belanja selama dan sebanyak itu udah dapet semuanya? Belooommm. Masih ada beberapa keperluan pokok yang belom terbeli karena nggak ada di toko. Termasuk alat breast pump dan pernak-perniknya. Ngapain pake breast pump? Ya buat mompa ASI selama diriku ngantor. Karena diriku pingin memberi yang terbaik dan termurah untuk anakku nanti, aku pengen bisa ngasih ASI sampe 2 tahun. Insya Allah.

Untuk ibu-ibu yang mau hunting, ajaklah suami. Biar ada yang ngontrol belanjaan dan bawain semua barang-barangnya. Kan ibu hamil nggak boleh bawa barang yang berat-berat.. :p. Menyenangkan loh milih-milih baju bayi ama suami. Selamat berbelanja~

9 thoughts on “Belanja Perlengkapan Bayi

  1. pernak pernik yang “gak penting” juga banyak lhoo mbakk. dan lucuuu lucuuu =))
    xixixiix. Hati-hati. Lebih pentingkan fungsi daripada “kelucuan” soalnya kadang barang yang lucu itu tidak ‘lucu’ buat dompet. xixixiix

  2. sist share dums, dari hasil milah milih itu apa aja yang diperluin n merk apa yang recomended? mw belanja juga tp masih bingung..

  3. kalo merk sih, aku kebanyakan beli yang merk Libby. Bahannya dan harganya lumayanlah. Kalo mau yang bagus, belinya merk Nova.
    waduh listnya yah.. saya malas sekali menuliskan satu persatu😀
    tapi yang penting sih kira2 ini:
    -popok kain
    -celana panjang, pendek
    -baju lengan panjang, pendek
    -selimut
    -bedong
    -sarung tangan dan kaki
    -sedotan ingus
    -termometer
    -gunting kuku
    -perlak dan selimut alas ompol yang garis2 itu
    -alat mandi (nggak usah beli banyak2, kata orang2 paling ntar ada yang ngado)
    -gurita/korset ibu
    -breast pad ibu
    -breastpump, dot, cooling bag dan botol kaca (kalo kamu working mam dan pengen kasih ASI ekslusif)
    -selimut bertopi (beli 1 aja, kata orang2 paling ntar cuman 1-2 kali makenya)
    -bantal bayi

    kayaknya yang utama itu aja sih… untuk newborn. soal jumlah yang harus dibeli yang harus dibanyakin paling popok kain, bedong, selimut dan baju. secara newborn kerjaannya pup sama pipis mulu.

    semoga bisa membantu.

  4. Nice info from your blog.. Alo mb nanya dunk..bener ya mending beli clana n baju uk S drpd newborn?Krn kemaren ke Audrey beli clana panjang n baju tangan pendek uk S msg2 1 lusin…Aq takut kegedan gtu…Biz byk bc di forum2 mendingan beli uk S. tq ya

    • menurutku sih udah bener Dwi. yah pas baru lahir emang bakal kegedean. tapi bayi itu cepet banget gedenya… tau2 udah nggak muat aja. dan lagian. lebih hemat. baju bayi mahal euy😀

      aku sih dulu beli yang ukuran S dengan pertimbangan, takutnya nggak sempet belanja baju lagi nantinya. dan nggak tega juga kalo nantinya aku harus ninggal anakku belanja baju (maklum, di cikarang terbatas euy merknya. kalo mau beli yang merk ok, paling nggak harus ke bekasi :D).

  5. HE,,HE AKU JG SUKA BELI DI AUDREY, MURAH DAN SBB AKU UDAH CEK2 HRG, TERNYATA EMANG DI AUDREY
    PALING MURAH BGT. DAN TOKO BAYINYA LUAMAYAN LUAS, WALAU TETEP AJA JD SEMPIT KRN BANYAKNYA ORANG.

Leave a Reply

