Resep: Kaldu Ayam

Setelah sekian lama bercita-cita bikin kaldu enak, akhirnya di siang yang panas ini diriku bikin juga. Dan karena bikin alakadar jadi ya nggak fotonya *puanasss banget bok tadi siang nggak tahan lama-lama*. Resepnya aku dapetin dari buku resep andalan, Primarasa Menu Rumah Modern: Hidangan Cepat & Lezat. Huehehhe, kalau diperhatiin pasti buku resep Primarasa yang aku beli yang menjanjikan betapa cara masaknya begitu cepat..  :p Anyway, inilah resep aslinya..

Kaldu Ayam

Bahan:

  • 2 liter air
  • 1 kg bagian ayam yang bertulang (sayap, ceker, leher, punggung, etc) → aku pake 6 ceker dan 2 kepala ayam kampung
  • 1 butir bawang bombay, potong-potong
  • 3 batang seledri
  • 1 batang daun bawang
  • 6 butir merica yang dikeprek kasar
  • 1 lembar daun salam

Cara Memasak:

  1. Masuk semua bahan ke dalam panci, rebus sampe mendidih.
  2. Buang kotoran yang muncul di kaldu selama 30 menit pertama perebusan.
  3. Kecilkan api, rebus terus selama 1½-5 jam. Jangan lebih dari 5 jam karena rasanya jadi kurang enak.
  4. Angkat panci dari atas api, saring kaldu, dinginkan (diangin-angin kan).

Untuk penyimpanannya bisa dibekuin di kulkas atau dimasukin aja ke tempat air trus dinginkan di lemari es. Kalo mau dibekukan, lebih baik disimpan di dalam beberapa plastik dengan ukuran sekali pake. Jadi kalo mau make tinggal keluarin aja secukupnya.

Rasanya? Kalo diicip sih aneh.. Tapi kalo dipake di masakan gitu, menurut aku, ueenak.. Lebih enaklah dari sekedar kaldu ayam yang bikinnya cuman tulang ayam direbus gitu doang😀

Selamat mencoba~

One thought on “Resep: Kaldu Ayam

  1. resepnya hampir sama kayak klo aku buat bubur tim buat khanza pake slow cooker mbak
    aromanya emang mantab itu. Apalagi klo pake slowcooker. tiinggal tidur aja deh, besok beres. Wkwkwkw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s