Resep: Sup Jagung Serabut

So, setelah sehari sebelumnya panas-panasan bikin kaldu ayam sampe 2½ jam, sorenya diriku puengen banget makan sup jagung. Pengennya sih gara-gara liat buku resep andalanku, Primarasa Praktis, Sekejap & Nikmat: Menu Keluarga Kecil. Judul menunya Sup Jagung Serabut. Diliat-liat gancil ah cara bikinnya *belagu to the max*. Jadi ya udah deh, bikiiinnn…

Takaran dalam resep yang aku tulisin di bawah ini udah aku ubah ya. Kecuali untuk sebangsa daging-dagingan yang beli di toko yang menyediakan timbangan digital, paling bingung deh kalo takaran sayur pake gram-graman.

Sup Jagung Serabut

Bahan:

  • 150 gram fillet ayam
  • 1 sdt angciu*
  • ½ sdt minyak wijen
  • 1 liter kaldu ayam → eike dah post resep kaldu ayam, dicek yah😉
  • 1 jagung dipipil
  • 1 wortel dipotong dadu
  • 1-1½ sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 batang daun bawang, iris-iris
  • 2 batang daun seledri, iris-iris → tadi nggak pake, kehabisan seledri
  • ¼ sdt gula pasir
  • 1 butir telur dikocok

Cara Memasak:

  1. Potong tipis daging ayam, bumbuin dengan minyak wijen dan angciu*. Sisihkan.
  2. Didihkan kaldu ayam, masukkan jagung pipil, garam dan merica. Kalo jagung dah empuk, masukin daging ayam.
  3. Tambahkan wortel, daun bawang dan daun seledri. Kalo semua bahan udah cukup matang, tambahkan gula pasir. Aduk-aduk.
  4. Tuangkan kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan sampe jadi serabut-serabut tipis gitu.
  5. Angkat dan sajikan.

*Angciu. Resep di atas emang pake angciu. Untuk yang belum tau, angciu itu arak merah yang biasanya dipake dimasakan cina. Pake angciu memang menambah masakan jadi sedap. Tapi karena angciu itu beralkohol dan bagi umat Islam alkohol itu haram, angciu bisa digantikan dengan bahan berikut: kecap asin, air perasan jeruk lemon dan dicampur dengan air jahe. So, no worries..😉

Tadi sih untuk pengganti angciu aku cuman pake air perasan jeruk lemon dan kecap asin. Nggak pake air jahe karena males marutnya. Hehehe.. Saya memang koki gadungan yang banyakan malesnya daripada rajinnya. Next time kalo ada angciunya tambahin air jahe ah..

Oh iya, another tips. Untuk resep sup jagung serabut ini, kalo misal pengen kuahnya agak kentel, setelah nambahin telur, bisa ditambahin sedikit larutan tepung maizena.

Anyway, rasa sup jagung yang ada di resep ini menurutku enakkk untuk ukuran bikinan sendiri. Menurutku sih, entah ya menurut Uda gimana😀. Dimakan panas-panas pake nasi, tahu goreng dan harusnya ada side dish lain kayak perkedel ato apalah lainnya. Pasti lebih ok. Trus sambellll.. Dulu jaman kuliah aku pernah diajarin temen bikin sop jagung yang resepnya mirip-mirip gini (tapi lupa sih bumbunya apa aja). Dan itu disajiinnya pake sambel kecap yang katanya biasa ada di restoran cina yang ampun deh bikin aku makan sampe 3 mangkok dulu. Ada yang punya resep sambel kecap ala restoran cina? Kalo ada tolong kasih tau yaaa… >.<

Selamat mencoba~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s