Musa Nur Ihsan

Alhamdulillah hirabbilalamin.. Akhirnya buah hati yang Uda dan aku tunggu-tunggu telah hadir. Hari Rabu tanggal 16 Mei 2012 yang lalu, anak lelaki pertama Uda dan aku lahir dengan persalinan normal jam 06.41 AM. Panjangnya 51 cm dan beratnya 3.392 Kg. Kami beri nama Musa Nur Ihsan. Dan panggil dia Musa atau Abang.

image

Nah itu resminya ya. Sekarang saatnya aku ngoceh tentang segala peristiwa di balik persalinan si Abang.
Jadi si Abang berumur 40 minggu dalam kandunganku pada 9 Mei 2012. Cuman berhubung diliat di USG badan abang agak besar, dokter bilang kemungkinan kelahirannya akan maju jadi 5 Mei 2012. Dan aku disarankan untuk banyak-banyak jalan kaki. OK lah..
5 Mei berlalu.. 9 Mei berlalu.. Dan si Abang tetep aja anteng diperutku. Setelah konsultasi dengan dokter kandunganku, Dr. Ni Putu Titien, si Abang akan ditunggu sampe tanggal 16 Mei 2012. Kalo tanggal segitu blm lahir juga (dengan proses normal), harus caesar. Ya udah, gak apa-apa pikirku.
Diakhir-akhir kehamilanku, aku jalan kaki melulu ampe jauuuhhh banget. Pernah kejauhan perut tiba-tiba kontraksi heboh and nggak ada kendaraan umum lewat. Horor banget rasanya waktu itu. Hehehehe. Tapi ya gitu, mau sejauh apapun aku jalan, si Abang tetep aja anteng. Enak kali ya di perut, anget, makanya nggak mau keluar.. Tiap hari aku tanyain, mau ulang taun tanggal berapa sih, kok masih nggak mau lahir juga.
Sampe akhirnya, hari Senin malem, tanggal 14 Mei 2012, aku kira ketubanku rembes. Langsung deh, aku, Uda dan Ibuku yang udah standby di Cikarang, ngibrit ke RS. Setelah dicek, ternyata bukan. Alhamdulillahnya udah pembukaan 1. Udahanya aku diminta rawat inap di RS karena paginya aku akan diinduksi. Susternya bilang, kalo udah ada pembukaan dan diinduksi, biasanya pembukaannya lebih cepet. OK lah…
Aku kira diinduksinya itu bakal disuntik aja sekali cussss dimana gitu. Eh ternyata diinfus. Beughhhh…. Aku stressnya setengah mati pas tau mau dicucupin jarum infus. Dan ternyata sakit banget yah.. T_T
8 jam berlalu, infus abis dan aku msh jg blm kontraksi. Ganti infus tanpa obat induksi, belom juga. Ganti infus lagi dengan obat induksi, dan alamak jaaaaang… Sejam kemudian aku kelojotan. Aku kira kontraksi itu rasanya kayak perut kram. Ternyata enggak. Jadi rasanya kayak mules mu BAB tapi 100X lebih parah and pengen ngeden. Awalnya terasa 10 menit sekali. Trus 5 menit sekali. Tau-tau jadi semenit sekali. Yang asa dipikiranku waktu itu, “Mampus. Harus ngerasajn kayak gini sampe infusnya abis?”. Tiba-tiba ceasar terdengar jadi ide yang sangaaaaaaaaaat baik. Tapi thanks to teman kantorku, Jati, yg sempet bercandain soal oprasi caesar di forum, diriku nggak jadi mewek ke Uda minta operasi Caesar. Emang sih, kl caesar sakitnya ilang. Tp kan mahal. Udah gitu sembuhnya lama. Trus bayangan tumpukan cicilan kesehatan yg harus dilunasi.. Yah hal tersebut mampu membuatku tabahlah. Kekeke.
Selama proses kontraksi sampe melahirkan, alhamdulillah, Uda selalu nemenin. Selalu ngingetin latihan tarik nafas panjang, sabar, baca-baca doa, dsb. Tapi ya akunya lupa daratan gitu deh.. Kayaknya diriku sempet teriak-teriak. Hasil senam hamil? Ke laut dah semuanya! Nggak ngefek. Yang bikin sabar itu malah pas aku ngeliat ada kain bedong bayi warna biru yang disiapin susternya buat anakku nanti dan genggaman tangan Uda tentunya.
Dan akhirnya jam 6.41, diriku berhasil melahirkan si Abang Dedek. Hihihi.. Alhamdulillah..
Sepanjang proses melahirkan itu banyak banget yang bisa aku syukuri. Ditemenin suami, suster yang sabar dan tegas kalo aku mulai rewel, Abang yang nggak ikutan stress diperut jd ketubannya tetep bening, dokter yang sabar dan nggak buru-buru nyuruh operasi caesar dan doa bapak dan ibuku tentunya.
Well, karena post ini udah cukup panjang, aku sudahi duli. Buat nyelesein post ini, aku nyicil nulis draft udah seminggu lebih di HP. Cerita setelah melahirkannya di post terpisah aja deh. Huehehe.

To be continue..

Leave a Reply

