Cara Menghemat Waktu Di Pagi Hari

Siang ini Dina chat aku ngasih link blognya Live Simply By Annie. Aku tertariknya karena di blognya dia ngasih tau cara biar jadi rapi. Gambar-gambar rak, organizer box, etc. Yah diriku ingin bisa lebih rapi lagi, jadi ya iseng-iseng baca deh..

Trus ada artikel yang menarik, 13 Ways To Save Time In The Morning. Artikel yang bagus. Daripada tiap pagi pas ada Uda aku buru-buru and kebut-kebutan mulu.. :p Beberapa cara yang udah aku jalanin yaitu…

  1. Milih baju untuk diri sendiri dan dipake anak esok hari dari malam sebelumnya. Done. Tiap hari ke kantor aku emang selalu pake seragam, kemejanya doang sih. Tapi yah namanya cewe, sebisa mungkin matching dong ya. Dan tiap malem sebelom tidur aku udah mikir, besok itu mau pake celana A, manset B, jilbab C, kaos kaki D dan alas kaki E. Karena aku udah nggak ada tempat di kamar untuk menggelar baju yang mau aku pake, kayaknya tumpukan baju yang mau aku pake ini bisa aku pilihin trus dijadiin satu di lemari deh, sekalian sama underwear juga. Kalo baju anak, biasanya sih tergantung clodi-nya musa yang kering warna apa, ntar atasannya menyesuaikan..😀 Baju suami? Dulu sih selalu aku ambilin polo shirt yang ada di tumpukan paling bawah. Sekarang? Udah jarang..
  2. Nyiapin persiapan makan pagi. Done. Biasanya sih bawang putih dan bawang merah/bombay udah aku kupasin dan disimpen di dalam box di kulkas untuk beberapa hari. Jadi kalo mau masak, tinggal dirajang-rajang saja (kalo lagi kerajinan, masing-masing bawang merah maupun bawang putih udah aku ulek halus, masukin ke box trus simpen di kulkas, bisa untuk masak beberapa hari). Bumbu masak macem daun salam, daun jeruk atopun laos juga biasanya udah aku sisihin sesuai dengan takaran resepnya (tapi aku jarang banget sih masak makan pagi yang susah-susah). Sayuran yang mau diolah juga udah dipetikin. Lauk juga udah dibumbuin dari malemnya, kecuali lauknya telor. Nasi juga harus udah dimasak dari malemnya. Cuman sekarang untuk makan pagi aku dimasakin sama ART di rumah. Jadi paginya aku bisa ngerjain hal lain.
  3. Nyiapin tas yang mau dipake besok pagi. Done. Well, tadinya sih done :p. Sekarang ini, dompet, hp dan sebagainya kembali berantakan. Saatnya kembali jadi rapi lagi. Eh tapi biasanya botol untuk naro ASIP dan gelas minum untuk dibawa ke klinik kantor udah aku siapain dari malemnya.
  4. Nggak nyalain TV waktu siap-siap di pagi hari. Kadang nyalain, kadang nggak. Tapi kalo dipikir-pikir, perhatian emang jadi kepecah-pecah sih kalo TVnya nyala.
  5. Nggak nerima telpon. Humm so far aku jarang nerima telpon di pagi hari. Biasanya kalo aku terimapun, aku persingkat aja waktu bicaranya. Kalo yang telp keluarga biasanya sih pada ngerti.
  6. Selalu merhatiin jam. Done. Kalo pagi-pagi mata nggak lepas dari jam. Dan waktu jam di rumah juga disamain sama jam kantor. Bagusnya sih di kamar mandi di sediain jam juga nih biar nggak berlama-lama di kamar mandi.
  7. Nggak nyoba gaya rambut maupun make up baru di pagi hari. Done. Aku pake jilbab, jadi gaya rambut ya pasti gitu-gitu ajalah ya😀. Mungkin nggak nyoba gaya jilbab baru. Kalo mau nyoba, biasanya udah aku lakukan dari malam sebelumnya.
  8. Nggak keramas di pagi hari. Untuk yang ini, nggak apa-apa sih. Bisa kok keramas di pagi hari  kalo kamu bangun pagi banget, langsung mandi dan rambut dibiarin kering alami. Kalo kamu tipe orang yang harus pake hairdryer untuk ngeringin rambut, pake tonic, dsb, ya sebaiknya keramasnya malam aja lah ya.
  9. Makan pagi sambil ngerjain yang lain. Di blog Live Simply By Annie, yang ini nggak ada. Kalo udah mepet banget waktunya, aku makan pagi pasti sambil pake jilbab, nyiapin breast pump, main sama Musa, beresin kasur, nyiapin baju Uda atau yang lainnya. Nggak bagus emang makan sambil mondar mandir, cuman ya disaat mendesak, apa boleh buat.

Mungkin list ini akan perlu di update ketika anakku udah mulai besar. Sementara, buat aku ini aja cukup. Ada yang bisa nambahin tips di atas?

2 thoughts on “Cara Menghemat Waktu Di Pagi Hari

  1. #1, 2, 3 udah sering diajarin mak gue tuh dari kecil, tapi kadang bablas..nguantuk..😀
    ada lagi ti, sambil pup sambil sikat gigi, sambil keramas sambil pup..ahh multi-tasking sekali aku ini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s