Musa Hari Ini

Nggak kerasa usia my baby boy Musa sudah 10 bulan 2 minggu. Alhamdulillah hirabbil alamin… Musa tumbuh jadi anak yang sehat, kuat dan lincah. Nyenengin dan sudah pasti tambah lucu juga lah yaww.. Wkwkwkw.. *tipikal ibu-ibu dah*

Perkembangan fisik. Musa terakhir ditimbang badannya dengan proper di rumah sakit itu pas dia umurnya 9 bulan 3 minggu, pas dia imunisasi campak. Itu beratnya, AKHIRNYA, mencapai 8.7 kg. Panjangnya 75 ato 76 cm. Proporsi badannya berisi. Nggak gemuk dan nggak kurus. Rambutnya dah mulai tumbuh dengan lebat, kecuali bagian belakang yang deket tengkuk. Dulu pas dia umur 3 bulanan, bagian belakang kepalanya suka ada biang keringat. Jadi kl pas muncul gitu suka dikeramasin pake Lactacyd bagian situ. Eh kulitnya jadi kering dan rambutnya jadi lammmma tumbuhnya, pas bagian situ doang. Kuku tangan dan kaki Musa, persis Uda. Pendek dan melebar. Malah ada 2 jari yang kukunya aneh banget. Melengkung sampe ujung jari. Wkwkwkwk. Giginya udah tumbuh 6, atas 4 dan bawah 2. Ini mau tumbuh gigi lagi sepertinya. 2 gigi dan keduanya di atas.

Perkembangan motorik. Dia udah mulai berdiri sendiri sambil pegangan dari umur 8 bulan. Sekarang dah mulai jalan sambil rambatan juga sedikit-sedikit. Kalo di tetah, walah… Kayak mau lari aja dia. Cepet banget. Dan gayanya, dia udah nggak suka ditetah pake dua tangan. Maunya satu tangan aja yang dipegang. Satunya ngawe-ngawe. Oalah nak.. Sapa yang ngajarin tho… ^^. Oh iya, Musa juga suka banget jalan-jalan (ditetah) di depan rumah. Jarak tempuhnya jauh untuk ukuran bayi. Efeknya, badannya sekel dan sepatunya jebol semua. Tiap sebulan sekali aku harus beliin sepatu baru -_-“.

Perkembangan bahasa. So far Musa baru bisa ngomong “mam..mam..mammm..” kalo dia laper dan “nennn..nennn..nenn..” kalo dia pengen nenen. Udah bisa ngomong “buibubibubibubu” kalo manggil aku dan “babapapapbapabpa” kalo manggil bapaknya. Musa sering aku nyanyiin lagu kepala-pundak-lutut-kaki. Jadi dia sekarang dah bisa inget, kepala itu mana. Disuruh salim tangan dan dadah juga udah ngerti. Disuruh sun pipi juga udah ngerti (pake efek suara “mmuah”), walau ujung2nya pipinya orang yang dicium suka digigit sama dia. Udah bisa main cilukba juga. Udah ikutan bisa geleng-geleng juga ngikutin bapaknya tiap ngelarang musa melakukan sesuatu. Dan kayaknya dia mulai tau geleng-geleng itu maksudnya “tidak”. Tadi pagi pas aku minta cium dia geleng-geleng… T___T. Eh itu perkembangan bahasa bukan ya? Wwkwkwkwk..

Perkembangan perut alias makanan. Musa sejak umur 8 bulan, udah mulai nggak suka makanan yang terlalu halus. Maunya yang agak kasar biar bisa dikunyah-kunyah sama dia. Akhirnya di umurnya yang 10 bulan ini, aku dah jarang ngeblender makanannya musa. Paling dikasih nasi/oatmeal lembek, sayur lembek dan lauk pauk yang lembek. Trus kl masih terlalu kasar, paling dinyet-nyet ama sendok sebelum dimasukin ke mulutnya. Sebelum pada ngomel pada teriak “nggaak boleeeehhh”, semua ini ngikuitin perkembangan kemampuan dia untuk mengunyah dan juga pertumbuhan giginya. Dari usia 4 bulan, gigi Musa udah tumbuh. Dan sekarang, seperti yang sudah aku sebutkan di atas, gigi musa udah 6 ^^. Ngunyah juga udah jago. Kalo makanannya agak kasar, dia lama ngunyahnya. Soal perkembangan makanan, aku mau nulisin detailnya di satu post khusus. Puanjang soale😀

Satu hal yang aku agak bingungin. Musa seneng banget nonton TV. Semuanya karena si pengasuhnya Musa (Peni), senengnya ya nonton TV. Jadi kegiatan apa-apa gitu, suka dilakukan di depan TV. Ngerti sih, mungkin Peni bosen. Di rumah ya hiburannya dia itu mainan sama Musa dan nonton TV. Cuman efeknya Musa kl lagi mainan ato ngapain gitu, perhatiannya suka beralih ke TV. Pas kapan itu temen ke rumah sambil bawa anaknya yang seumuran ama Musa. Nah itu dia malah asik sama TV. Dan kurang minat main sama temennya anakku. Sekalinya minat, kepalanya digaplok ma Musa. Wkwkwkkw. Maafkan aku kawan… -_-“. Udah gitu yang lucu lagi, kadang dia tu suka senyum-senyum malu gitu kalo ngeliat iklan sampo Pantene. Kan bintag iklannya pasti cewe rambut panjang tuh, eh dia seneeeeeng dooong… Kamu baru aja 10 bulan nak..nak… Ahahahaha.. Cuman soal TV ini aku mulai prihatin juga sih. Kayaknya aku harus ngasih tau Peni deh, kl lagi main sama Musa, TV-nya jangan dinyalain terus.

Demikianlah perkembangan Musa diusianya yang sudah mencapai 10 bulan ini. Semoga Musa tumbuh jadi anak yang soleh, berbakti pada orang tua, sehat dan kuat. Amin..

2 thoughts on “Musa Hari Ini

  1. Horeee.., Musa sepatunya banyaaak, mirip akuuu *lhoh*
    Ah Musa, nanti kalo disamperin aku jangan dicuekin yaaah T__T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s