Resep: Asem-Asem Daging

Akhir-akhir ini diriku memang lagi semangat memasak. Dan lagi-lagi, daging sapiii😄.

Hari Jumat kemaren aku nggak masuk kerja. Dari Kamis pagi Musa demam tinggi dan muntah-muntah. Menurut DSA sih dia kemasukan bakteri. Dah gitu berhubung Musa lagi sering mual, dia males minum susu formulanya. Manis gitu kan rasanya. Dia maunya nenen melulu. Mana ASI ku sekarang udah dikit banget, stok di kulkas dah kosong melompong.. Jadi ya sudah, terpaksa aku nggak masuk kerja. Jumat pagi dan siang, si Musa badannya seger tuh. Demamnya turun. Aku hepi dong. Eh mulai jam 3 sore, mulai naik lagi dan sempet muntah sekali T_T. Tapi alhmadulillah, hari Sabtu ini demamya nggak naik lagi. Cuman sempet anget pas Musa capek tadi.

Nah Jumat pagi itu, karena Musa keliahatannya udah seger dan bisa ditinggal ke dapur, diriku masak lagi. Mumpung aku di rumah dan Uda di kantor, aku bikin menu yang aku pengenin. Pas buka koleksi buku resep Primarasa Hidangan Berkuah Terlezat, nemu juga Asem-Asem Buntut. Karena yg aku mau pake bahannya daging has dan aneka tulang sapi, diganti dikit namanya jadi Asem-Asem Daging. Pas jadi rasanya enak, asemnya belimbing wuluh, segerrrr. Hehehhe. Pas Uda pulang kantor nyoba tuh and katanya, enak ^^v.

Btw maafken, itu ada mainannya Musa dibelakang piringnya. Hehehe.

Asem-Asem Daging

Asem Asem Daging

Bahan:

  • 500 gram daging sapi dan aneka tulang
  • Air untuk merebus
  • 4 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, keprek
  • 2½ sdt garam
  • 10 butir bawang merah, iris tipis
  • 5 butir bawang putih, iris tipis
  • 4 buah cabe merah besar, iris memanjang
  • 4 buah cabe hijau besar, iris memanjang
  • 6 buah belimbing wuluh (atau belimbing sayur), potong ujungnya*
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 sdm air asam jawa

Cara Memasak:

  1. Potong daging dan tulang sesuai selera. Masukkan ke dalam panci. Tuang air sampai daging dan tulang terendam. Masak sampai daging matang.
  2. Masukkan daun salam, lengkuas dan garam. Kecilkan api. Masak sampai daging lunak, angkat.
  3. Ukur kaldu sebanyak 1000 ml atau lebih. Jika kaldu tidak sampai 1000 ml, bisa dicampur dengan air. Rebus kaldu bersama buntutnya lagi hingga mendidih.
  4. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabe hijau dan cabe merah. Masak sampai mendidih dan seluruh bahan cukup matang.
  5. Tambahkan belimbing wuluh, kecap, gula dan air asam jawa. Masak hingga belimbing wuluh layu.
  6. Angkat dan sajikan.

*Ternyata belimbing wuluh itu tidak dijual di pasar Cikarang Baru. Untung mbaknya Musa inisiatif nyariin ke tetangga. Jadi untuk yg mau mencoba resep ini, coba ditengok tetangganya ada yang punya belimbing wuluh apa engga. Hehehe.

Selamat mencuba ya~

4 thoughts on “Resep: Asem-Asem Daging

  1. Iya kenapa gak dijual ya.. padahal blimbing wuluh kan bikin masakan lebih seger =D.
    Aku sampe bela2in ke toko taneman buat beli bibitnya pohon blimbing wuluh lho mbak. Hahahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s