Resep: Sop Daging Padang

Masih edisi daging sapi dan masakan Padang. Masak pas weekend adalah saatnya memanjakan perut suami yang udah jarang banget makan masakan istrinya. Hehehe.

Hari Minggu beberapa waktu yang lalu, terjadi perdebatan sengit antara aku dengan Uda dengan topik “Gulai Toco atau Sop Padang”. Hasil perdebatan tersebut adalah Sop Daging Padang. Deal. Tadinya diriku mau masaknya pake resep dari mama mertua. Eh pas dicari catetannya ilang. Yah karena dulu pas nyoba bikin hasilnya gagal, nggak aku upload ke blog. Ya sudah, browsing cari resep dulu. Setelah nemu nampaknya resep yang meyakinkan, baru deh cek isi kulkas. Untung bahan lengkap. Rempah-rempah yang dibutuhin juga udah dibeli.

Resepnya diriku nyontek blognya mbak Steffy Aprianti. Sedikit disesuaikan dengan seleraku sih. Hehehe. Pas jadi sopnya menurutku berlemak. Soale diriku pake daging yang emang ada lemaknya sih. Padahal itu udah aku kurangin banyak loh lemaknya. Tapi ternyata masih kurang banyak euy nguranginnya. Apalagi diriku pake tulang yang ada sumsumnya gitu. Uwoouuww banget deh rasanya.. (antara mengeluh dan pamer :p).

Sop Daging Padang

Sop Daging Padang

Bahan:

  • 750 gram tulang sapi
  • 250 gram daging sapi, potong kotak-kotak
  • 2500 ml air
  • 3 buah wortel, potong agak tebal
  • 3 buah kentang, potong agak tebal
  • Segenggam kacang merah
  • 5 batang daun bawang, iris panjang
  • 3 cm kayu manis
  • 4 buah kapulaga
  • 3 buah pekak
  • 5 butir cengkeh
  • 3 cm lengkuas
  • 3 cm jahe
  • 2 sdm margarin, untuk menumis
  • Garam secukupnya

Bumbu Halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Cara Memasak:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dengan margarin. Sisihkan.
  2. Rebus tulang sapi dengan air sampai daging yang menempel pada tulang agak empuk.
  3. Masukkan daging sapi yang sudah dipotong kotak-kotak, kayu manis, pekak, cengkeh, kapulaga, jahe dan lengkuas.
  4. Tambahkan bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis.
  5. Setelah daging empuk, masukkan sayuran, garam dan daun bawang.
  6. Setelah sayuran matang, angkat dan sajikan

Aslinya sih cara masaknya sama aja kayak sop pada umumnya. Cuman beda dibumbu aja. Dan satu tips dari saya. Lebih baik memang bikinnya pake daging yang berlemak. Minggu berikutnya aku bikin lagi sop daging pake resep ini tapi pake daging yang nyaris nggak berlemak. Jadinya, jauh bener dah rasanya…. Enakan yang pake lemak. Tapi that’s your call, use anything you want ^^

Selamat mencoba~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s