Resep: Ayam Goreng Sambel Kuning

Pertama liat resep ini di majalah Sedap yang aku pinjem dari perpus kantor. Selain fotonya yang kayaknya menjanjikan kenikmatan *tsaaahhh*, aku penasaran sama bumbu yang dipake buat ngungkep ayamnya. Pake jinten? Humm.. Yang kebayang adalah rasa jinten hitam alias habatussauda. Dan judulnya memang sambal kuning, tapi kok warnanya ijo? Dan sambelnya dimasak pake santen? Huuummmm…

Saking penasarannya, aku sampe beli majalahnya (sesuatu banget gitu aku beli majalah). Karena pengen banget suatu hari nanti masak ayam goreng sambal kuning ini. Akhirnya, saat yang dinanti tiba. Suatu hari Jumat, diriku pulang sore trus belanja ke pasar. Malemnya setelah Musa bobok, ngungkep ayam dan masak sambelnya. Niat banget yak. Wkwkwkw. Tapi hasilnya sepadan. Kata orang rumah enak. Dan sambelnya, kata mbaknya Musa nih, uenak banget.. *auooooo dance danceeee*😀

Kali ini menurutku fotonya jelek. Yang bilang bagus pasti suka ama gw *anak abege mode on nih XD*. Aku nggak tau gimana caranya agar ayamnya terlihat cantik dengan sambelnya. Tapi percayalah, soal rasa juara deh.. Oh iya, ini resepnya ada perubahan sedikit saja dari resep aslinya.

Ayam Goreng Sambal Hijau

Ayam Goreng Sambal Kuning

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong 8 atau sesuai selera
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk nipis diambil airnya
  • 2 sdt garam
  • 800 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 3 butir kemiri, sangrai sampai keluar minyaknya
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 8  butir bawang merah besar
  • 3 butir bawang putih besar
  • 3 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ sdt jintan
  • ¼ sdt merica

Bahan sambal kuning:

  • 18 buah cabe rawit hijau, tumbuk kasar
  • 5 buah cabe hijau besar, tumbuk kasar
  • 6 butir bawang merah besar, haluskan
  • 2 butir bawang putih besar, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 5 cm kunyit bakar, haluskan
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 bungkus santan instan ukuran 65 ml dilarutkan dalam 200 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat ayam goreng:

  1. Lumuri ayam goreng dengan jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas agar air jeruk nipisnya terbuang.
  2. Masukkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, garam dan air.
  3. Masak sampai ayam matang dan empuk. Angkat.
  4. Goreng dengan minyak sampai kuning kecoklatan.

Cara membuat sambal kuning:

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, kunyit dan cabe sampe harum.
  2. Tuang santan. Masukkan garam dan gula. Aduk rata sampai sambal kental dan berminyak. Angkat.
  3. Sajikan ayam bersama dengan sambalnya.

See.. Gancil tooohh… Soal rasa, juara deh. Ternyata kalo ngungkep ayam itu rasanya fantastis kalo pake jintan. Suwer deh.. Enaknya tuh.. byuuhhh… Fantastis.. #lebay😄. Supaya kalian tambah pengen nyoba, coba deh liat sambelnya..

20131104_230651

Tanpa banyak komentar, coba aja deh. Nggak rugi kok. Selamat mencoba ya~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s