Yuk Hemat Energi

Dalam post ini aku pengen ngajakin orang-orang yang nyasar ke blog ini untuk berhemat energi. Yah sebenernya bukan listrik aja, tapi juga air.

Saat ini, aku sedang belajar untuk berhemat energi dan air. Yah cara hematnya juga dengan melakukan hal yang simple aja sih. Nggak segitu hebatnya sampe bisa dibanggakan. Yang bisa dilakukan ya dilakukan. Kalo browsing ato liat keadaan sekitar kita sekarang, hal ini perlu dilakukan deh untuk kelangsungan hidup anak cucu kita. ^_^

Semua ini berasal dari iseng-iseng nonton TV Show Korea yang namanya The Human Condition (THC). 6 orang comedian asal Korea harus hidup bareng selama 6 hari dengan menjalani misi khusus. Nah sejauh ini yang aku tau misinya tu Reading In Real Life, Living Without Water, Living Without Electricity, Living With Recommended Calories, dan masih banyak lainnya lah.

Misi yang dilakukan ya seperti nama misinya. Contohnya nih, salah satu yang mengena sekali buatku, Living Without Electricity. Tim THC harus hidup tanpa listrik selama 6 hari. Boleh pake listrik kalo sumbernya nggak dari colokan listrik. Jadi kalo sumbernya dari batere yang diisi oleh tenaga surya ato sepeda penghasil listrik, boleh saja digunakan. Kebayang kan gimana susahnya. Nggak bisa pake lampu, nggak bisa pake kipas angin, eskalator, lift, pintu otomatis, dsb.. Ternyata, ngga bisa pake listrik itu berat sekali ya. Yang paling parah, ada salah satu tim THC yang nggak bisa pulang ke rumah pribadinya. Karena, di apartemennya, semua pintu masuk otomatis *waks*.

Misi selanjutnya yang menarik adalah Living Without Water. Kalo pas misi yang ini, member THC cuman dikasih jatah make air sebanyak 20L sehari, alias 1 galon saja. Air tersebut dipake untuk minum, mandi, masak nyuci, dan kebutuhan hidup lainnya. Berat banget ya. Dari misi itu aku baru tau, bahwa air yang tercemar, perlu waktu 10.000 tahun agar murni kembali secara alami. Gawat ya *apa kabar tu kali ciliwung*. Sekarang memang sudah ada teknologi untuk memurnikan air yang sudah tercemar, tapi butuh listrik besar.

Nah, dari THC, aku jadi ngerti cara berhemat energi dan air itu gimana. Aku pengen share di post ini caranya. Yang dibawah ini

  1. Cabut kabel alat elektronik yang nggak dipake. Walau alat elektronik dalam keadaan mati, tapi kalo masih nyolok ke steker, listriknya tetep jalan. Listrik yang ngalir ini namanya standby electricity. Jangan lupa cabut charger hape, TV laptop dan kabel kipas angin ya kalo lagi nggak dipake.
  2. Matikan alat elektronik yang nggak dipake. Misal mau nonton TV di ruang tengah, matiin lampu-lampu, kipas angin maupun AC di ruang lainnya.
  3. Gunakan alat elektronik yang low watt. Harganya memang lebih mahal, tapi kalo lebih hemat kenapa engga?
  4. Suhu AC yang dipake > 25º C. Kalo nggak salah ini ada standardnya deh. Suhu minimal 25 ato 26 gitu. Agar dengan suhu AC segitu bisa tetep dingin, rutinlah membersihkan filternya. Untuk filter dalam, bisa dibersihkan sendiri kok, setiap 2 minggu sekali. Yang exhaustnya, 3 bulan sekali.
  5. Pake charger batre yang pake tenaga surya. Nah ini yang agak susah. Beli dimana ya? Di THC ada tuh yang make alat ini.

Sedangkan tips hemat air.

  1. Untuk mandi, gunakan shower. Penggunaan shower jauh lebih hemat daripada pake gayung di bak. Hal ini sudah saya buktikan ketika pindah ke rumah baru yang nggak ada bak mandingnya. Semua pake shower. Tagihan air bulanannya berkurang 40% dari pas di kontrakan.
  2. Matikan keran kalo pas lagi nggak dipake. Contoh kasus kalo lagi sikat gigi. Selama sikat gigi kan airnya nggak dipake. Jangan lupa matikan kerannya  ya (suamiku berhasil melakukannya setelah dicerewetin mulu tiap hari :p).
  3. Tuang air minum ke dalam gelas secukupnya. Kadang kita suka nuang air berlebih ke dalam gelas sebelum tidur. Padahal minumnya cuman seteguk. Pas bangun tidur, ganti gelas dan airnya dibuang. Mubazir..😦
  4. Air bilasan terakhir cuci baju, bisa dipake untuk ngepel, ngebilas tegel kamar mandi yang lagi dibersihin, teras ato lainnya (jadi inget belum ngingetin si bibik soal ini).
  5. Ganti segera keran ato selang yang bocor. Air keran yang menetes juga merupakan pemborosan terhadap air.

Pas browsing internet soal conserve water, yang ketemu adalah:

  1. Manusia semakin banyak di bumi. Sumber bahan bakar, air dan pangan suatu saat bisa nggak cukup lagi kalo nggak ada perubahan.
  2. Air butuh waktu 10.000 tahun untuk mengembalikan kemurniannya secara alami.
  3. Kita mandi pake shower selama 1 menit itu paling nggak ngabisin air sebanyak 2.5 galon.

Kayaknya itu saja tipsnya. Awalnya aja yang ribet. Tapi kalo dah terbiasa ya biasa aja melakukannya ^^. Untuk tips hemat energi lainnya bisa dilihat di sini, kalo hemat air bisa liat di sini.

Yuk kita coba bareng tipsnya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s