Resep: Iga Masak Asam

Update 2015.02.25
Nemu resep jni teronggok di draft. Kayaknya dulu ngak jd diupload krn nggak ada fotonya wkwkwkw.
Upload aja wes…
———————————-

Akhir Desember 2013 yang lalu, diriku pengen banget makan iga sapi. Ya udah deh ke pasar, beli iga yang kuidam-idamkan. Aku pengennya tu dibakar madu *slurrpp..*, tapi bapake Musa ndak suka yang manis-manis. Jadi ya sudah, cari resep iga lainnya.

Pas browsing, aku nemu resep Iga Masak Asam di websitenya Sajian Sedap. Pas dibaca-baca gampang masaknya. Cuman kayaknya bakal butuh waktu lama untuk ngerebus iganya sampai empuk. Dan yang bikin penasaran lagi, di resepnya ada petunjuk cara ngurangin lemak yang ada di kaldu hasil rebusan iga. Caranya aku sebutin dibawah resep.

Soal rasa ya pasti enak lah ya (kalo gagal aku pasti nggak bakal posting wkwkkwkw). Kata uda, iganya enak dan lemaknya berkurang jauh dari masakan igaku yang sebelumnya. Adik ipar juga bahagia makannya, enak katanya. Alhamdulillah.. Di resep aslinya Iga yang dipake 750 gram, diriku sesuaikan dengan stok iga di rumah, 500 gram.

Iga Masak Asam

Bahan:

  • 500 gram iga sapi
  • Sejempol jahe, dikeprek
  • 1 ½ liter air
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah sereh ukuran besar, ambil putihnya, dikeprek
  • 2 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 2 buah cabe merah besar, iris serong
  • ½ buah tomat, potong-potong
  • 3 sdm kecap manis
  • Garam, gula pasir (kalo pake) dan merica yang dihaluskan secukupnya
  • 3 sdm air asam dari 1 sdm asam jawa (or more) yang dilarutkan pada 4 sdm air
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 8-10 siung bawang merah
  • 5-6 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 2 cm kunyit, bakar

Cara Memasak:

  1. Rebus iga sapi dan jahe dengan 1500-2000 ml air sampai iga menjadi empuk. Jika pada saat air rebusan sudah sangat berkutang tapi daging dirasa kurang empuk, tambahkan air dan lanjutkan proses merebus. Jika sudah empuk saring daging. Dinginkan kaldu dengan dimasukkan ke dalam lemari es. Setelah kaldu dingin, buang lemak yang membeku di atas permukaan air kaldu. Ukur kaldu sampai 1500 ml, jika kurang, tambahkan dengan air matang.
  2. Rebus kembali iga dan kaldunya di atas api hingga mendidih.
  3. Tumis bumbu halus, sereh dan daun salam sampai harum. Tambahkan cabe hijau, cabe merah dan tomat. Masak sampai layu.
  4. Masukkan bumbu yang ditumis ke dalam kaldu. Tambahkan kecap manis, gula pasir, garam dan merica.
  5. Tambahkan air asam jawa. Masak sampai bumbu-bumbu matang.

Pas dicoba, kuah kaldu nggak terasa berlemak seperti masakan igaku yang sebelumnya. Akhirnya nemu juga cara menghilangkan lemak di kaldu. Kemaren pas selesai ngerebus dagingnya, setelah disaring, aku masukin kaldunya ke dalam wadah. Trus wadahnya direndam ke dalam baskom yang berisi air dingin dengan es batu. Setelah suhu kaldu turun ke suhu ruang, wadah tadi aku masukin ke freezer selama kurang lebih 15-20 menit. Kenapa ke freexzer? Supaya lemaknya cepet membeku.

Sebelum masukin ke kulkas, aku sengaja nurunin kaldunya ke suhu ruang dulu. Karena bapakku pernah bilang, kl masukin makanan ato minumam panas ke kulkas, itu bisa merusak kulkas. Aku belum cari tau apa bener begitu, cuman ya daripada kulkasnya rusak beneran, ya diriku nurut saja..

Okay deh. Silahkan dicoba~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s