Resep: Banana Brownies

As usual, lama nggak nulis apa2, begitu login langsung nulis resep. Sebenernya banyak cerita sih, tapi.. lain kali aja aku tulis. I’m not in the mood for that.

Anyhow, kemaren iseng beli majalah sedap Edisi bulan Juni 2015. Di majalah tersebut ada resep Brownies Pisang Coklat (pake susu kental manis). Setelah baca bahan-bahannya, aku tertarik. Dah beli susu kental manisnya juga. Tapi pas hari H, tiba-tiba males karena bahannya banyaaaakk.. wkwkwkw.. Akhirnya cari resep Banana Brownies lainnya yang pake bahan lebih simple dan nemu dong, judul aslinya Easy Banana Brownies.

Berhubung bikinnya pas puasa, jadi aku kira-kira aja pake gulanya (aku kurangin dari jumlah yang disarankan dalam resep). Pas dicoba, masih juga kemanisan untuk seleraku.. Huft! Tapi si Musa doyan, yey! Hihihi.. Oh ya, karena pake pisang, browniesnya jadi fudgy banget.

Resepnya aku modif sesuai dengan komen si pencipta resep di bagian comment, dan disesuaikan dengan stok yang ada di dapurku tentunya hehehe.

Banana Brownies

20150704_175453

Bahannya:

  • 6 sdm butter
  • 1 cup dark cooking chocolate, dipotong-potong kecil
  • 2 butir telur, suhu ruang
  • ½ cup brown sugar (gula semut ya, bukan gula palem)
  • 1 buah pisang kematengan ukuran sedang, dilumatkan
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt vanili
  • ¾ cup tepung terigu
  • 1 sdm unsweetened cocoa powder
  • choco chips secukupnya (optional)

Cara memasak:

  1. Panaskan oven di suhu 160° C. Lapisi loyang dengan mentega, sisihkan.
  2. Tim mentega dan dark cooking chocolate sampai meleleh seluruhnya. Sisihkan.
  3. Kocok lepas 2 butir telur. Masukkan pisang, vanili dan garam. Tuangkan coklat leleh ke dalam adonan telur, aduk rata. Tambahkan tepung terigu, cocoa powder, choco chips (jika pakai). Tuang seluruh adonan ke dalam loyang.
  4. Panggang selama 20-30 menit (tergantung seberapa garing browniesnya yang kita mau).

Resepnya gampang banget. Dan mayanlah buat make pisang kematengan, daripada dibuang, sayang euy.

20150704_202129_20150704202612836

Oh ya, karena pisang kematengan itu udah manis. Ada baiknya gula yang dipake dikurangi. Biar nggak kemanisan. Kalo terlanjur kemanisan, makanlah browniesnya ditemani dengan kopi item pait. Atau dimakan dengan es krim vanila sekalian😉

Selamat mencoba~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s