Resep: Ayam Lado Mudo

Ayam Lado Mudo itu nama lain dari Ayam Sambal Hijau.

Beberapa hari ini aku ngerasa bosen banget bikin balado-baladoan. But sambel for my husband is a must. Setelah dipikir-pikir itu ayam di kulkas nasibnya mau digimanain, jadilah diriku memantapkan hati bikin ayam lado mudo. Kenapa pake memantapkan hati segala? Karena aku belom pernah bikin😄

Pada dasarnya bumbunya sama kayak balado biasa. Cuman aku tambahin bawang putih untuk mempertajam rasanya. Untuk mengurangi pedasnya cabe keriting hijau, aku pake cabe gendut hijau. Sebelum masak aku ngecek dulu resep ayam lado mudo di sajian sedap dan ternyata mirip. Cuman kalo di sajian sedap pake cabe hijau, diriku nggak. Juragan besar (baca: suamiku) bisa protes abis-abisan😀

Ayamnya sendiri diungkep dengan resep Ayam Goreng Kuning yang pernah aku post di blog ini. Bedanya kalo yang di resep asli kunyitnya harus dibakar dulu, untuk kali ini diriku pake kunyit mentah untuk efisiensi waktu (baca: malas tingkat advance).

Sejujurnya, aku lupa untuk memfoto hasil masakanku kali ini. Pas inget, ayamnya tinggal 3 potong. Udah gitu, anakku yang baru bangun tidur pengen banget jadi alat peraga (baca: megangin piring). Wkwkkwwk. Jadi maklum, semua foto kali ini ada modelnya ya. Mau nge-crop piringnya doang kok aku nggak tega… ^^

Ayam Lado Mudo

musa dan ayam lado mudo

Bahan:

  • ½ Ayam Goreng Kuning yang sudah digoreng matang, tidak terlalu kering, sisihkan
  • Sedikit air jeruk nipis
  • Minyak bekas menggoreng ayam
  • 15 cabe keriting hijau (atau sesuai selera)
  • 4 cabe gendut hijau (atau sesuai selera)
  • 8 siung bawang merah ukuran besar
  • 3 siung bawang putih ukuran besar
  • Garam secukupnya
  • 2 buah tomat hijau, potong-potong (optional)
  • 6 butir petai, kupas kulitnya (optional)

Cara Memasak:

  1. Ulek cabe hijau keriting, cabe hijau gendut, bawang merah dan bawang putih. Ulek cabe sampai sebagian besar biji cabe hilang, jangan ulek terlalu halus.
  2. Panaskan minyak bekas menggoreng ayam agak banyak. Masukkan lado mudo. Tambahkan air jeruk nipis dan garam. Aduk-aduk sebentar.
  3. Jika pakai tomat hijau dan petai, masukkan dan aduk-aduk.
  4. Masak sampai sambal matang. Matikan api.
  5. Masukkan ayam goreng, aduk-aduk hingga sambal menutupi ayam dan siap disajikan.

musa dan ayam lado mudo col.

Kalo di kulkas tersedia tomat hijau dan petai, menurutku kasih aja. Tapi kalo dah pake tomat hijau, jeruk nipisnya dikurangi supaya tidak terlalu asam. Dan kalopun suka petai, jangan kalap masukinnya yak ^^”. Untuk ½ ekor ayam, 6 biji petai itu dah maksimal. Karena kalo terlalu banyak, aroma petainya jadi terlalu kuat. Aroma cabe, ayam, dll akan kalah.

Lalu dalam menggoreng balado ataupun lado mudo (baru sekali lado mudonya), biasanya aku pake minyak yang agak banyak. Kalopun kebanyakan ya aku cuek aja. Karena minyak dan sambel yang ada samba lado atau lado mudonya suka aku pake dikit untuk bikin nasi goreng. Just to add some punch (dan kolestrol) to the fried rice. Dan menurut testimoni suamiku, enaaakkk~ Wkwkkwwkw.

Anyhow, selamat mencoba~ ^^

5 thoughts on “Resep: Ayam Lado Mudo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s