Resep: Sop Iga

Pas jalan-jalan pagi ke pasar (jalan-jalan kok ke pasar), diriku bertatapan dengan daging sapi iga yang keliatan indaaaah banget. Yawes, diriku pedekate ke penjualnya, nawar-nawar, trus dapet diskon deeeh. Wkwkkwwk..

Iga sapi kali ini akan dimasak jadi sop buat suamiku. Kalo ngikutin suamiku sih sopnya dimasak ala padang, which is dengan kapulaga, pekak dan pala. Sedangkan diriku nggak terlalu suka sop yang rasanya “berat” gitu. Sop itu rasanya memang harus kompleks tapi juga ringan (efek kebanyakan nonton masterchef).

Yasud, diriku ceritanya bersihin daging iga, rebus iganya trus baru browsing-browsing mencari referensi resep. Pas baca salah satu referensi resep, diriku baru inget, biasanya iga harus direbus dengan rempah-rempah (kurang lebih merica, cengkeh dan kayumanis) supaya meresap ke daging rasa rempahnya. Ini diriku lupa masukin rempah-rempah itu. Pasrah wes.. Tapi kebetulan, aku nemu resep yang rempah-rempahnya dimasukin ke kaldu setelah iganya empuk. Hurray! Resep Sup Iga dari Sajian Sedap. Emang sajian sedap ini resepnya oke banget. Pepak tur enak ^^.

Oh ya untuk sayuran yang digunakan ada perbedaan sedikit dengan resep asli. Kalo di resep asli pake kacang merah dan kacang polong. Diriku ganti dengan brokoli, aku sesuaikan dengan isi kulkasku.

Silahkan disimak resepnya. Maaf ya fotonya ala kadar. Udah keburu laaaapppeeeerrr banget. Wkwkkwwk.. (maafkan atas foto yang nggak niat ini).

Sop Iga

Sop Iga

Bahan:

  • 750 gram daging iga, bersihkan dan sisihkan
  • 2.000 ml air
  • ½ siung bawang bombay, diiris panjang tipis
  • 3 siung bawang putih, dicincang
  • 2 cm jahe, digeprek
  • 3 cm kayumanis
  • 3 butir cengkeh, digeprek
  • 2 buah wortel, dipotong sedikit tebal
  • 1 buah brokoli, dipotong-potong
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh pala digeprek sampai halus (or simply use pala bubuk)
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara Memasak:

  1. Rebus daging iga dengan air sampai empuk. Untuk cara menghilangkan lemak dalam kaldu, silahkan cek tips dibagian bawah Cara Memasak.
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih, cengkeh, kayu manis dan jahe sampai harum. Setelah itu masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu. Biarkan mendidih selama beberapa lama.
  3. Tambahkan garam, merica dan pala ke dalam kaldu.
  4. Masukkan wortel, masak sampai setengah matang.
  5. Masukkan brokoli dan daun bawang sampai setengah matang. Tambahkan gula pasir, aduk rata dan matikan api. Tutup panci sejenak untuk mematangkan brokoli dan daun bawang dengan sisa panas yang ada di wajan.
  6. Setelah brokoli matang, angkat wajan dari kompor dan sop iga siap dihidangkan.

Beberapa tips yang bisa aku share:

  1. Selama memasak daging empuk, di atas kaldu akan muncul buih yang akhirnya menjadi gumpalan kecil berwarna coklat. Dari acara memasak TV korea yang saya tonton, saya gumpalan tersebut berasal dari darah dan lemak. Jika pada saat memasak daging masih mengandung banyak darah, maka gumpalan tersebut dari darah. Sebaiknya gumpalan ini dibuang saat daging sudah mulai empuk.
  2. Semakin lama daging iga direbus, semakin banyak juga lemak yang menjadi minyak. Untuk menghilangkan lemak ini, dengan sendok sayur, ambil minyak yang mengambang dalam kaldu dan taruh dalam mangkok. Ambil sebanyak mungkin minyak yang mengambang. Masukkan mangkok tersebut ke dalam freezer selama 10 menit. Setelah 10 menit, lemak yang ada dalam mangkok akan membeku jadi putih. Buang lemak beku dan masukkan sisa kaldu dimangkok ke dalam panci untuk didihkan kembali.
  3. Saat menumis bumbu sop, tumis bawang bombay terlebih dahulu dengan api kecil. Tumis selambat mungkin sampai bawang bombay berwarna kecoklatan (10-15 menit). Setelah itu baru masukkan bumbu sop lainnya. Rasa bawang bombay akan lebih keluar dan masakan akan terasa lebih manis.

Penampakannya di panci

Hasil sop iga dengan resep ini menurutku lezat banget. Kaldunya cukup kompleks karena menggunakan tumisan cengkeh dan kayu manis. Dan juga pakai pala. Namun rasa kaldu cukup ringan dan tidak terlalu terasa berlemak. Perfect! At least for me. But for my husband, he prefer sop iga ala padang. Wkwkwkw.. Sudah ku duga. Aku akhirnya bilang ke suamiku, kalo aku nggak terlalu suka sama sop iga padang yang “rempah” banget, aku lebih suka yang ringan. Akhirnya dia setuju bahwa sop yang aku buat lebih ringan rasanya dan rasanya pun lezat.. Masak sop yang ala padang, jarang-jarang aja ya, da.. ^^

Anyhow, selamat mencoba~ ^^v

3 thoughts on “Resep: Sop Iga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s