Resep: Risoles Ragout Sayuran

Sudah 2 minggu terakhir aku pengen banget makan risoles yang dijual di deket rumah. Bolak balik lewat depan tokonya aku nggak pernah beli. Setelah bolak balik ngemeng pengen risoles, akhirnya diajak pergi beli juga ama suami. Beli lah diriku sedikit dan digorengin di tokonya. Pas makan risolesnya di rumah, beuh.. rasanya nggak seenak yang aku bayangkan. Kecewa berat TT__TT. Akhirnya diriku memutuskan untuk belajar bikin risoles. Aku bertekat harus bisa bikin risoles yang enak, yang sesuai sama seleraku isinya. Aku mau bikin yang banyaaaak dan disimpen di freezer.

Mulailah diriku melakukan perburuan resep. Dan nemu resep risoles dari blog Hesti’s Kitchen. Tapi resep ragoutnya mbak Hesti pake ayam, jadi diriku nyari lagi resep ragout sayuran. Nemu resep dari blog Dapur Mama Aisyah milik mbak Oki. Ternyata resepnya mbak Oki juga mengadaptasi dari blognya mbak Hesti. Hihihi.

Untuk kulit risolesnya, aku berhasil bikin setelah percobaan kedua. Percobaan pertama takaran tepungnya kebanyakan. Aslinya resepnya pake gram, tapi berhubung timbangan kue ku rusak (dipake mainan sama anakku trus rusak TT__TT), aku konversi ke ukuran cup. 150 gram tepung itu sama dengan 1.2 cup tepung. Berhubung diriku nggak punya cup dengan ukuran 1/5, aku kira-kira aja wes. Dan ternyata meleset jauh. Hasilnya adonan kulit terlalu kental. Untuk percobaan kedua, 1/5 cup tepung nya aku konversi lagi ke ukuran tablespoon atau sendok makan. Ternyata 1/5 cup tepung itu sama dengan 3.2 sendok makan. Nah karena ukuran takarannya makin kecil, 1/5 sendok makannya aku kira-kira aja. Jadi kalopun ada selisih, nggak banyak. Dan setelah semua adonan untuk kulit risoles di campur, hasilnya lebih encer dari yang pertama aku bikin. Pas!

Dan hal kedua yang juga menyebabkan percobaan pertama gagal adalah aku bikinnya nggak di wajan teflon. Aku coba di wajan aluminium, gagal. Wajan keramik, gagal juga. Lengket dengan sempurna. Akhirnya diriku beli wajan teflon dulu deh baru berhasil. Hahahahha. Demi kulit risoles, akhirnya diriku kembali ke teflon juga.

Setelah jadi, risolesnya menurut aku enak banget, karena disesuaikan dengan seleraku. Kebetulan juga diriku punya keju parmesan bubuk yang harus segera dihabiskan, hasilnya beuh, ngejuuuu #happy. Kalo suami sih komentarnya, “Kok nggak ada telornya? Mayonesnya mana?”. Ini risoles ragout kalee, bukan american risoles yang emang pake mayones -.-. Tapi ya tetep aja, dimakan sampe habis risolesnya. Hihihii.

Risoles Ragout Ayam

Diadaptasi dari Hesti’s Kitchen dan Dapur Mama Aisyah.

20151214_085704_20151217062716848

Bahan ragout:

  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu kecil, rebus hingga agak empuk
  • 2 buah wortel ukuran sedang, potong dadu kecil, rebus hingga agak empuk
  • ½ bawang bombay ukuran sedang, iris dadu kecil
  • 2 bawang putih, cincang halus
  • 4 sdm tepung terigu
  • 300 ml susu cair rendah lemak
  • 200 ml air putih
  • 50 gr keju kraft, parut
  • 3-4 sdm keju parmesan bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 batang seledri, iris halus
  • 1½ sdm gula pasir
  • ½ sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat ragout:

  1. Tumis bawang bombay dengan minyak dan api kecil sampai layu. Masukkan barang putih cincang, aduk sampai keduanya mulai berwarna kecoklatan.
  2. Masukkan tepung terigu, tumis hingga tepung bergerindil dan berwana kecoklatan.
  3. Masukkan air dan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk agar tepung tidak menggumpal.
  4. Masukkan wortel, kentang, keju kraft, keju parmesan, daun bawang, seledri, garam dan gula. Aduk hingga keju meleleh dan ragout meletup-letup. Cicipi ragout dan koreksi rasa ragout jika dibutuhkan.
  5. Setelah rasa sudah sesuai dan ragout matang, sisihkan ragout dan dinginkan hingga mencapai suhu ruang.

Bahan kulit risoles:

  • 300 ml susu cair
  • 150 gram tepung terigu (equals to 1 cup 3.2 sdm)
  • 1 sdm minyak canola
  • 1 butir telur
  • ¾ sdt garam

Cara membuat kulit:

  1. Dalam wadah 1: campur tepung terigu dan garam.
  2. Dalam wadah 2: kocok telur dan campur dengan susu dan minyak canola.
  3. Campurkan adonan dalam wadah 2 ke dalam wadah 1 sedikit demi sedikit hingga tak bergerindil.
  4. Hangatkan wajan teflon dan tuangi adonan kulit risoles dengan takaran 1 sendok sayur. Ratakan adonan dengan memutar wajan.
  5. Masak sampai pinggiran kulit risoles mengering. Angkat dan sisihkan kulit risoles yang sudah matang.
  6. Ulangi sampai adonan kulit habis.

Bahan risoles:

  • Kulit risoles
  • Ragout sayuran
  • Sisa adonan kulit
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Tepung roti

Cara merakit risoles:

  1. Dalam wadah datar, letakkan 1 kulit risoles. Isikan 1 sdm ragout, lipat.
  2. Lem ujung kulit dengan sisa adonan.
  3. Celupkan risoles ke dalam telur, lalu baluri dengan tepung roti.
  4. Goreng adonan dengan api kecil/sedang sampai matang.
  5. Simpan sisa risoles yang tidak digoreng ke dalam freezer.

Dari resep adonan kulit di atas, aku dapet 11 kulit risoles. Aku bikin pake wajan teflon diameter 24 cm. Butuh 2 kali resep risoles di atas untuk ngebungkus semua ragoutnya. Xixixiix.. Puassss… Jadinya banyak banget. Rasanya juga enak. Minyak untuk gorengnya juga bisa pake minyak sendiri. Memang.. bikin sendiri itu lebih memuaskan hasilnya.

Oh ya, sekedar tips tambahan. Pada saat menuang risoles, pastikan wajan jangan terlalu hangat. Jadi, pas 1 kulit risoles sudah matang dan sudah diangkat. Wajannya jangan ditaro di atas kompor dulu. Tuang dulu adonanya dan ratakan, baru taro di atas kompor. Masaknya juga jangan pake api gede, api kecil aja supaya wajannya nggak terlalu panas. Cups dan sendok makan yang aku pake buat tepung juga yang memang khusus buat menakar ya. Bukan cups cangkir dan sdm biasa. Diriku juga pake minyak canola di adonan tepung bukan karena gaya sih. Lebih karena males ngelelehin mentega dan nunggu suhunya turun. Kalo pake minyak canola kan suhunya memang sudah suhu ruang, jadi langsung cemplung saja. Hihiiihi. Minyak canola itu konon nyarus nggak berasa. Jadi nggak masalah untuk baking dll.

Okeh, silahkan dicoba resepnya. ^^

2 thoughts on “Resep: Risoles Ragout Sayuran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s