Resep: Ayam Goreng Kecap

Sampai sebelum aku meninggalkan rumah orang tuaku untuk bekerja, aku inget dulu ibu suka bikin ayam goreng kecap. Favoritku banget! Manis-manis sticky gimana gt.. Apalagi pas dimakan pake nasi anget pake tangan. Wew.. Jilat-jilat jari deh makannya.. Jadi pengen makan itu lagi.. Langsung deh diriku menelpon ibu di jogja untuk nanya resepnya.

Ternyata bahannya sedikit loh.. Aku kira bakal pake kecap inggris atau minimal saus tiram deh. Ternyata enggak.. Waw.. Berhubung hari sebelumnya aku dah ngungkep ayam dan siap digoreng, langsung deh sreng sreng sreng… Hasilnya enak! Miriplah sama yang ibuku biasa bikin. Dan musa doyan bangeeett.. Makannya pake nambah-nambah.. Memang.. Musa mirip aku, seleranya masakan jawa ^^ *sorry Da… fufufuufufu*

Untuk resep dibawah ini aku masaknya cuman pake 4 potong ayam aja. Aku pake ayam kampung ukuran kecil-sedang. Pas beli ayamnya dipotong 10 bagian (kebayang kan ukuran ayamnya?). Jika mau masak banyak, tinggal disesuaikan aja jumlah bahan-bahannya. Ayamnya juga aku ungkep pake bumbu yang ada di resep Ayam Goreng Sambel Kuning. Kalo punya resep ayam goreng andalan lainnya, nggak masalah. Buat aku ayam paling enak diungkep pake bumbu yang di link di atas tadi..😄

Ayam Goreng Kecap

Ayam Goreng Kecap

Bahan:

  • 4 potong ayam yang sudah diungkep dengan resep ini
  • ½ siung bawang bombay ukuran kecil, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 2 sdt saus tomat
  • 4 sdm kecap manis
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara Memasak:

  1. Goreng ayam sampai ayam sedikit berubah warna jadi coklat, sisihkan. Pastikan ayam tidak digoreng sampai kering.
  2. Panaskan minyak dengan api kecil lalu tumis bawang bombay sampai layu. Masukkan bawang putih cincang dan tumis sampai kedua bawang mulai berwarna kecoklatan.
  3. Masukkan ayam, merica, garam, saus tomat dan kecap. Aduk rata sampai kecap dan saus terlihat terpisah dari minyak tumisan.
  4. Angkat ayam dan siap disajikan.

Tuh.. Gampang banget kan? I never thought that it would be that simple. Yang penting, selama masak gunakan api kecil. Apalagi kalo kecapnya dah dimasukin. Karena kecap lumayan cepat mengentalnya kalo kenapa panas.

Silahkan dicoba dan selamat menjilat-jilat jari ^^v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s