Resep: Ikan Pindang Kecap

 

Di suatu pagi yang agak siang, adik perempuanku yang sedang nginep di rumah tiba-tiba pamit belanja ke tukang sayur. Balik-balik bawa tas kresek, yang salah satu isinya adalah ikan pindang. Tau-tau dia masak dan voila! Jadilah ikan pindang masak kecap.

Dan pas adikku pulang, kucobalah masak lagi. Daaann, dapet bendera hijau dari suamiku. Oke banget buat variasi lauk sehari-hari, terutama kalo lagi tanggal tua, hihihi😄. Kalo liat foto di bawah ini nggak terlalu keliatan coklat kecapnya ya. Tapi pas dimakan yang berkesan di lidah aku ya rasa kecapnya walau menurut aku rada kurang banyak (menyesuaikan selera suami). Heheheh..

Ikan Pindang Masak Kecap

Ikan Pindang Kecap

 

Bahan:

  • 6 ekor ikan pindang
  • 6 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabe hijau besar, iris memiring
  • 6 buah cabe rawit hijau, iris serong
  • 1 sdt saus tiram
  • 1-2 sdm kecap manis
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 buah tomat merah, memanjang menjadi 8 potong
  • Garam secukupnya

Cara Memasak:

  1. Goreng ikan pindang sampai kering (atau sesuai selera saja). Angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin, buang kepala ikan, ambil dagingnya (jangan sampai hancur ya). Sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai agak layu. Kemudian masukkan cabe hijau besar dan cabe hijau rawit.
  3. Masukkan daging ikan pindang, saus tiram, kecap manis, air jeruk nipis dan tomat. Aduk rata sampai semua bahan tercampur dan meresap ke dalam daging ikan. Tambahkan garam, aduk lagi sebentar, angkat dan sajikan.

Karena suami anti dengan bau amis, aku kasih air jeruk nipisnya agak banyak. Sebenernya sih bahannya sama kayak resep cumi asin cabe hijau, cuman bedanya di jenis tomat yang dipake aja. Selamat mencoba~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s