Resep: Puding Coklat Dengan Vla Vanila dan Vla Kopi

Berawal dari anakku yang rada sembelit, diriku bikin deh puding coklat ini dengan harapan memperlancar BAB-nya. Kenapa pudingnya harus yang coklat? Because my son and I always love chocolate pudding. Kenapa pakai 2 jenis vla? Karena aneh kalo pudding itu nggak pake vla vanilla. Dan bayangin deh vla rasa kopi.. Yuummmm.. Anakku? Dia mah nggak suka vla :p

Tahun baru yang lalu aku sempet juga bikin puding coklat dengan vla kopi di rumah adek perempuanku. Resepnya ngikutin dari bonus majalah sedap. Hasilnya waktu itu pudingnya terlalu pait karena aku pake coklat bubuk. Vla-nya juga aneh. Mungkin karena di adonan vla aku masukin kuning telur, jadinya koyok rodo amis gitu (atau perasaan aja ya?). Aku jadi rada susah nelen vla-nya. Padahal itu vla kopi loh.. kopi… (me love coffee!).

Pudding kali ini resepnya aku dapet dari beberapa sumber. Untuk resep puding coklat, aku dapet dari blog momylicious milik mbak Ayudiah. Tapi pas mau bikin ternyata bubuk coklat yang di rumah dah basi.. Ngek! Yawes, diganti aja pake DCC. Dan ternyata wueenak~. Nyoklat banget tapi tanpa rasa pahitttt yang ada di coklat bubuk. Cuman ya karena pake DCC tentunya lebih banyak kandungan lemaknya :p

Untuk resep vla vanilla, aku nemu dari blog jajanevivie milik mbak Vivi. Resep vla kopi juga terinspirasi dari resep yang sama. Anda again, karena coklat bubuk abis, aku pake DCC lagi. Kopinya harusnya sih pake kopi yang dibuat espresso. Tapi berhubung saya malas mencuci moka pot yang abis-uda-pake-trus-digeletakin-aja, yawes, bikin kopinya pake cara tubruk aja. Masukinnya juga dikit-dikit pake sendok makan. Pas ditotal aku pake 100 ml kopi untuk mencapai rasa kopi yang aku inginkan. Untuk vla kopi ini, bisa juga pake kopi instan. But, if you are a coffee lover (like me), I recommend you to use the best coffee that you have. You won’t regret it. For my vla, I used my precious Bali coffee: Cap Kupu-Kupu Bola Dunia. Iye, ni kopi hartaku yang sangat berharga, jauh2 dibeliin di Bali. Dari semua kopi yang pernah aku atau suamiku beli, yang paling enak buat aku ya kopi Bali merk Cap Kupu-Kupu Bola Dunia ini. Robusta is the best! ^^v

Eh ngelantur..

Di resep ini, penggunaan tepung kanji untuk adonan vla-nya cukup banyak, jadi nanti pas jadi vla-nya kaku gt. Kalo mau vla yang agak cair mungkin bisa dikurangin sedikit tepung maizenanya. Kalo yang vla kopi di resep ini sih, jatuhnya lebih cair daripada yang vanilla. Jadi kalo mau foto-foto pudingnya pas jadi jangan lupa, tuang vla panas di atas puding yang dingin dulu. Biar pas difoto flanya terlihat mulus. Untuk keperluan foto posting ini, aku bikin puding dan vla untuk yang kedua kali. Hasil yang puding dan vla yang pertama aku taro di tempat terpisah. Pas vla dingin dituang ke atas puding yang dingin, jadinya kaku-kaku jelek gt. Hihihi.

Oh iya pas foto-foto si ucrit gangguin mulu. Jadi ya udah, aku suruh jadi latar belakang aja..😄

Puding Coklat

Diadaptasi dari: momylicious dan jajanevivi

Puding Coklat

Bahan Puding:

  • 30 gram jelly coklat
  • ½ bungkus agar-agar coklat
  • 1 kaleng susu kental manis coklat
  • ¼ cup DCC yang sudah dicacah
  • 1 sdm gula pasir (optional)
  • 1,1 L air

Cara Membuat Puding:

  1. Dalam panci ukuran sedang, campur semua bahan kecuali DCC sampai rata. Masak dengan api kecil.
  2. Setelah adonan puding mulai panas, masukkan DCC, aduk terus sampai seleruh coklat tercampur dengan baik.
  3. Setelah adonan mendidih, angkat, tuang dalam cetakan puding dan sisihkan sampai puding dingin dan padat.

Bahan Vla Susu:

  • 150 ml susu cair
  • ¾ sdm tepung maizena
  • 1 sdm gula pasir
  • Sejumput garam

Cara Membuat Vla Susu:

  1. Dalam pancil kecil, campur semua bahan sampai rata. Masak sampai adonan meletup dan mengental.
  2. Setelah mengental, angkat vla susu dan dinginkan.

Bahan Vla Kopi:

  • 150 ml susu cair
  • 2 sdm DCC cincang, lelehkan dengan cara di tim
  • 1 sdt kopi bubuk yang dilarutkan dengan kurang lebih 110 ml-120 ml air mendidih (nggak usah kentel-kentel kopinya, sayang…bukan buat diminum XD)
  • 1¼ sdm tepung maizena
  • 2 sdm gula pasir
  • Sejumput garam

Cara Membuat Vla Kopi:

  1. Dalam panci kecil campur semua bahan, kecuali DCC yang sudah dilelehkan. Masak dengan api kecil sampai adonan meletup.
  2. Masukkan DCC yang sudah dilelehkan, aduk-aduk sampai rata. Pada tahap ini, cicipi vla yang sedang dimasak. Tambahkan kopi dan gula pasir jika dirasa kurang.
  3. Setelah mengental, angkat vla susu dan dinginkan.

Puddingnya enak loh~ Hihihihihi.. Selamat mencoba~

2 thoughts on “Resep: Puding Coklat Dengan Vla Vanila dan Vla Kopi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s